Telset.id, Jakarta – Selama 14 tahun waktu berjalan, Facebook langsung meroket menjadi media sosial mendunia dengan total pengguna mencapai 2,27 miliar per Oktober 2018. Namun kini pangsa pasar Facebook turun disaat media sosial lainnya justru naik.
Hampir 30 persen dari populasi manusia di Bumi masih aktif mengakses Facebook. Sampai sekarang, dibanding Twitter, Pinterest, YouTube, Instagram, Tumblr, dan sebagainya, Facebook masih mendominasi.
Namun, tahukah bahwa dominasi Facebook kian surut? Laporan Statcounter membuktikannya. Menurut riset, setahun terakhir, pangsa pasar Facebook di jagat media sosial secara global turun dari 75,5 persen ke angka 66,3 persen.
Ironisnya, saat pangsa pasar Facebook menurun setiap bulan dari Desember 2017 hingga Desember 2018, media sosial lain justru perlahan merangkak. Akhir 2018, pangsa pasar Pinterest mencapai 16,3 persen dan Twitter 8,2 persen.
Demikian pula YouTube 4,8 persen dan Instagram 1,8 persen. Juni 2018 menjadi titik nadir Facebook dengan pangsa pasar 63 persen. Lain hal, media sosial mengalami peningkatan, seperti Pinterest 14,2 persen dan YouTube 10 persen.
Berdasarkan cakupan wilayah, dikutip Telset.id dari Forbes, Selasa (8/1/2019), penurunan paling tajam terjadi di Amerika Serikat. Skandal penyalahgunaan data pengguna sepanjang 2018, sangat memengaruhi pangsa pasar Facebook.
Di Eropa,gaung media sosial besutan Mark Zuckerberg juga melemah. Di Asia, YouTube dan Twitter secara berurutan menjadi yang terpopuler setelah Facebook. Sementara di Afrika, Facebook bersaing dengan angka pengguna YouTube.
https://www.forbes.com/sites/ninaangelovska/2019/01/07/facebook-loosing-users-to-pinterest-youtube-and-twitter-market-share-by-region/