Viral! Video Roket Falcon 9 Jatuh ke Laut karena Gagal Mendarat

Telset.id, Jakarta – Untuk pertama kalinya setelah SpaceX meluncurkan pesawat luar angkasanya pada bulan Februari lalu, roket Falcon 9 jatuh ke laut dan gagal mendarat sebagaimana mestinya.

Momen gagal mendarat di landasan itu, direkam dalam video dan dibagikan langsung oleh CEO SpaceX, Elon Musk via Twitter.

Dilansir Telset.id dari Metro, Sabtu (08/12/2018), Elon Musk memaparkan penyebab roket Falcon 9 jatuh. Ia mengatakan, kegagalan itu disebabkan oleh pompa hidrolin pada sirip grid yang macet.

“Pompa hidrolik sirip grid macet, sehingga mendarat di laut,” tulis Musk di Twitter.

Baca juga: Buset! Kamera Ini Meleleh Gara-gara Jepret Falcon 9

Meski gagal kembali ke landasannya, roket itu memiliki kemampuan untuk menstabilkan dirinya sebelum jatuh ke dalam air. Sehingga, roket tersebut tidak mengalami kerusakan yang signifikan.

“Tampaknya tidak rusak & sedang mentransmisikan data. Kapal pemulihan dikirim,” tambahnya.

“Engines Stabilized pada roket berputar tepat pada waktunya, memungkinkan pendaratan yang utuh di air! Kapal penyelamat dalam perjalanan untuk menyelamatkan Falcon,” jelasnya.

Baca juga: Pensiunkan Falcon 9, SpaceX Fokus Siapkan Roket Raksasa BFR

Roket yang jatuh itu digunakan untuk mengirim satu kapsul kargo ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Tujuan utama dari misi itu adalah mengirimkan pasokan ke laboratorium luar angkasa yang mengorbit.

Sekadar informasi, SpaceX memiliki kontrak senilai Rp 19,9 trilun dengan NASA untuk mengirim pasokan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional. (BA/FHP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI