Google akan Hadirkan Teknologi eSim untuk Smartphone Android

Telset.id, Jakarta – Google tampaknya akan memperluas dukungan teknologi eSIM ke smartphone Android. Sebab, raksasa pencarian ini menyatakan dalam situs resminya soal rencana program eSIM untuk smartphone Android. Program baru itu, untuk mempermudah penggunaan eSIM di smartphone Android lainnya.

“Untuk membuat pengalaman yang konsisten dan sederhana, kami juga membuat sebuah program yang mengizinkan pengguna Android untuk membuat ponsel yang mendukung eSIM,” tulis Google.

Google sendiri mulai mengadopsi teknologi eSIM pada jajaran smartphone-nya. Google Pixel 2 XL dan Pixel 3 XL adalah dua smartphone pertama Google yang menggunakan teknologi itu.

Sekadar informasi, eSIM merupakan solusi yang nyaman bagi para konsumen, terutama yang kesulitan memasang kartu nano SIM ke dalam slot smartphone yang kecil.

Meski demikian, dukungan terhadap teknologi eSIM untuk seri Google Pixel masih terbilang terbatas. Dilansir Telset.id dari GSMArena, Rabu (05/12/2018), dukungan eSIM untuk Google Pixel hanya terbatas untuk satu operator seluler saja di Amerika Serikat, yakni Google Fi.

Setelah Google Fi, raksasa pencarian itu mulai memperluas dukungan terhadap teknologi eSIM di Pixel 3 ke beberapa negara dan operator seluler lainnya. Dukungan itu tersedia lewat pembaruan keamanan yang dirilis Desember 2018.

Apple sendiri juga menawarkan eSIM untuk iPhone terbaru seri iPhone XR, XS, dan XS Max. Transisi tersebut untuk menggantikan kartu SIM sekaligus mewakili arah yang diambil pasar.

Apple dan para produsen smartphone juga berusaha memanfaatkan eSIM untuk memperbesar kapasitas ruang memori internal. Namun, eSIM bisa memperumit pembelian kuota internet saat bepergian internasional. (BA/FHP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

HARGA DAN SPESIFIKASI
REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI