Saudi Gunakan Spyware untuk Lacak Khashoggi via Ponsel?

Telset.id, Jakarta – Edward Snowden menduga Arab Saudi menggunakan spyware atau malware mata-mata buatan perusahaan Israel, NSO Group Technologies, untuk melacak kegiatan jurnalis Jamal Khashoggi lewat ponsel.

Menurut laporan Bloomberg, dikutip Telset.id pada Kamis (8/11/2018), spyware bernama Pegasus tersebut dipakai untuk menguntit wartawan The Washington Post asal Arab Saudi yang dibunuh di konsulat negaranya di Istanbul, Turki.

“Arab Saudi tentu tahu bahwa Khashoggi akan datang ke konsulat. Tapi, bagaimana mereka bisa tahu tujuan dan rencana sang jurnalis di sana?,” jelas Snowden dalam konferensi di Tel Aviv, Israel, lewat sambungan telekonferensi dari Rusia.

Pegasus disebut sebagai spyware perangkat mobile terkuat di dunia. Sebab, spyware tersebut bisa mengintip seluruh fungsi ponsel nyaris tanpa batas. Snowden menyebut, ponsel rekan Khashoggi di Kanada telah terinfeksi oleh spyware Pegasus.

“Arab Saudi bisa mengumpulkna informasi mengenai Khashoggi menggunakanperangkat lunak itu. Mereka mengumpulkan beberapa informasi dari teman-teman Khashoggi lewat program yang ditulis oleh perusahaan Israel,” ujarnya.

Hal serupa disebut pula dalam tulisan yang diterbitkan oleh institut riset di Kanada, Citizen Lab.  “Kami sangat yakin bahwa ponsel Omar Abdulaziz, aktivis Saudi dan warga permanen Kanada, menjadi target spyware NSO Group,” katanya.

Snowden dikenal sebagai orang yang membocorkan ribuan dokumen yang merinci program mata-mata jangka panjang pemerintah Amerika Serikat. Ia diberi suaka oleh pemerintah Rusia pada 2013 setelah dituduh melakukan mata-mata.

Sekadar informasi, Khashoggi dikabarkan tewas di Konsulat Arab Saudi di Istanbul pada 2 Oktober 2018. Ia diduga dieksekusi oleh belasan orang. Jasadnya lantas dimutilasi dan diberi cairan asam agar lenyap. Pangeran Mohammed bin Salman diduga kuat menjadi otak peristiwa itu. [SN/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI