5 Tips Memilih Smartphone untuk Orangtua

Telset.id, Jakarta – Akhir tahun dijadikan sebagai momentum bagi para produsen ponsel untuk beramai-ramai meluncurkan produknya. Kondisi ini membuat konsumen dihadapkan pada begitu banyak pilihan ketika ingin membeli smartphone untuk diberikan sebagai hadiah.

Bicara soal kado tahun baru untuk anak, mungkin lebih mudah dan banyak pilihannya. Tapi bagaimana jika hadiah yang diberikan untuk orangtua?

Karena pilihannya tidak banyak, tentu kita harus memilihnya dengan tepat, sesuai kebutuhan bagi orang tercinta, khususnya orangtua.

Smartphone yang mungkin menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi orangtua. Karena multi fungsi dan berguna sebagai alat komunukasi. Tapi yang perlu diingat, memilih smartphone untuk orangtua juga jangan sembarangan atau asal beli saja.

Untuk Anda yang berniat membelikan smartphone sebagai hadiah untuk orangtua, kakek atau nenek, ada 5 hal yang perlu Anda ketahui atau pertimbangkan sebelum membelinya.

Nah, berikut ini 5 tips membeli smartphone untuk orangtua, yang sudah tim Telset.id rangkum untuk Anda:

1. Harga

Jika Anda tidak terlalu memikirkan harga sebagai pertimbangan saat ingin membeli smartphone untuk diberikan sebagai hadiah, tentunya smartphone-smartphone paling mutakhir, seperti Apple iPhone X, Samsung Galaxy Note 9, Oppo Find X atau Huawei Mate 20 Pro bisa menjadi pilihan saat ini.

Tetapi sebaiknya Anda bisa mempertimbangkan smartphone dengan harga lebih murah, karena orangtua juga tidak akan memaksimalkan fitur-fitur canggih pada smartphone tersebut. Lagipula barang mahal bisa mengundang bahaya bagi orang tua jika mereka pelupa.

2. Ukuran

Ukuran Smartphone yang terlalu besar, seperti Galaxy Note mungkin bisa memudahkan orang tua membaca pesan karena tulisannya besar. Tetapi mereka akan kesulitan memegang perangkat itu agak lama dan sulit juga untuk membawanya bepergian.

Karena itu, carilah smartphone yang ukurannya kecil karena selain mudah dipegang dan dibawa kemana saja, ini juga memudahkan saat mengetik pesan lebih cepat.

3. Kapasitas Penyimpanan

Kebiasaan menggunakan fitur tertentu harus diperhatikan sebelum memilih perangkat yang tepat untuk orangtua. Jika orangtua Anda suka traveling, menjepret foto atau menonton video anak-anak dan cucu, perangkat dengan kapasitas besar bisa menjadi pilihan.

Walaupun tidak digunakan untuk bermain game, biasanya orangtua sering mengeluh smartphone mereka lambat. Ternyata kapasitas memorinya sudah dipenuhi foto dan video dari grup media sosial yang mereka ikuti.

Ada baiknya Anda memberikan pengertian dan pembelajaran mengenai penggunaan aplikasi medsos, seperti fitur clear chat dan mematikan unduhan otomatis untuk menghemat penyimpanan data yang tidak perlu dan juga menghemat kuota internet.

4. Kemampuan Kamera

Fitur kamera yang bagus bisa menjadi pertimbangan untuk memilih smartphone bagi orang tua. Tetapi menghadiahi smartphone dengan 3 kamera belakang nampaknya berlebihan.

Pasalnya para orangtua tidak akan menggunakan berbagai kelebihan fitur canggih tersebut setiap saat, karena mungkin mereka lebih banyak mengetik pesan atau membaca berita atau pesan di medsos.

5. Pengalaman pengguna

Sistem operasi apapun yang dipilih, entah itu iOS ataupun Android sebenarnya bukanlah masalah, selama Anda bisa mengarahkan mereka. Namun perlu diketahui bahwa Android lebih memungkinkan mereka mengotak-atik smartphone, ketimbang iOS.

Selain itu, hal lainnya lagi yang perlu dipertimbangkan adalah apakah ponsel memiliki kemampuan untuk mengubah ukuran huruf agar lebih mudah dibaca, memiliki fitur keamanan ketika smartphone ‘tersesat’ ataupun yang lainnya. Ingat, orangtua Anda mungkin pelupa. [WS/IF]

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI