Ribuan Perempuan di Korsel Demo Protes Aksi Spycam

Telset.id, Jakarta – Ribuan perempuan di Korea Selatan melakukan protes kasus spycam, yang dianggap telah melanggar privasi. Para pelaku spycam ini secara diam-diam merekam video perempuan di tempat private, seperti di toilet, dan mengunggahnya ke internet.

Guna meredam gelombang protes dari ribuan perempuan, polisi Korea Selatan membagikan stiker atau aksesoris protektor kepada para pendemo.

Seperti dilaporkan Gizmodo, aksesoris kamera protektor itu bertujuan untuk dipasang menutupi kamera belakang setiap ponsel para pendemo.

Kepolisian di Provinsi Gyeonggi Bukbu kabarnya sudah membagikan 50.000 kamera protektor secara gratis sebagai bagian kampanye “Ilegal Filming OFF”. Mereka mengakui bahwa reaksi masyarakat sejauh ini masih positif.

Namun tidak semua pendemo menyambut positif ide polisi Korsel itu. Sebagian pendemo yang memprotes cara itu beranggapan bahwa stiker atau penutup kamera tersebut bukanlah sebuah solusi.

Mereka yang tidak setuju ingin pihak berwenang juga melakukan penyelidikan mendalam dan menjatuhkan hukuman bagi pelaku yang membuat dan menyebarkannya.

Selain itu, stiker yang sifatnya melekat menggunakan lem juga akan membuat pengguna justru kesulitan menikmati fitur kamera belakang ponsel yang selama ini mereka gunakan untuk memotret.

Cara itu juga dianggap dapat membuat mereka yang tidak bersalah justru dicurigai sebagai pelaku yang merekam video tanpa izin di tempat umum.

Sekadar informasi, Agustus 2018 lalu kepolisian Korea Selatan telah membentuk tim khusus untuk menjaga setiap fasilitas umum.

Tim tersebut bertugas mengecek fasilitas umum yang seharusnya steril dari aksi spycam, seperti transportasi publik dan toilet umum. Pihak penyedia fasilitas juga diminta membentuk tim khusus. Yang tidak melakukannya akan dikenai sanksi. [BA/HBS]

Sumber: Gizmodo

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Redmi Display 1A, Monitor PC Pertama Bikinan Redmi

Telset.id, Jakarta - Redmi menghadirkan kejutan dengan meluncurkan sebuah perangkat baru. Bukan smartphone, melainkan sebuah monitor PC yang dinamai...

Tarif Posting Miliaran Rupiah, Ini 7 Selebgram Terkaya di Dunia

Telset.id - Selebgram atau selebriti Instagram sudah menjadi profesi yang menjanjikan. Selebgram biasanya bekerja sama dengan merek-merek ternama, dan...

Penampakan Desain Elegan dari Vivo X50 Pro

Telset.id, Jakarta - Setelah mengungkap beberapa teaser terkait kemampuan kamera Vivo X50 Pro, kini Vivo menampilkan wujud desain layar...

Tips Menggunakan Shotgun di Free Fire, Biar Bisa Booyah!

Telset.id - Senjata shotgun sering dipandang sebelah mata di dalam game Free Fire. Padahal jika digunakan dengan benar, senjata...

Samsung Exynos 880 Meluncur dengan Modem 5G Terintegrasi

Telset.id, Jakarta - Samsung seperti tak mau ketinggalan untuk merilis prosesor 5G kelas menengah. Mengikuti jejak Qualcomm, MediaTek, hingga HiSilicon...
- Advertisement -