Anak Jarang Main Gadget Bikin Daya Ingat Lebih Baik

Telset.id, Jakarta – Sebuah penelitian baru menyebut, anak-anak yang berhasil mengurangi penggunaan gadget akan meningkat dari segi kemampuan otak. Anak-anak yang hanya menggunakan ponsel atau sejenisnya dua jam per hari akan lebih baik dari segi kognitif, pemikiran, bahasa, dan daya ingat.

Penelitian yang diterbitkan di Lancet Child & Adolescent Health pada pekan lalu itu melibatkan 4.500 anak berusia delapan hingga 11 tahun.

Menurut laporan Washington Post, Senin (1/10/2018), peneliti memperhatikan jadwal tidur setiap anak serta waktu yang dihabiskan di depan gadget.

Peneliti juga mengamati aktivitas sehari-hari anak dan melakukan analisa untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya terhadap kemampuan mental. Para ilmuwan kemudian membandingkan hasil dengan pedoman nasional kesehatan anak.

Baca juga: Anak-Anak Hanya Tahan 7 Menit Tanpa Ponsel

Di dalam pedoman kesehatan dinyatakan bahwa anak-anak di kelompok usia tersebut disarankan mendapat aktivitas setidaknya satu jam kegiatan fisik dan tidak lebih dari dua jam berada di depan layar ponsel atau sejenisnya. Mereka juga wajib mendapatkan jam tidur sembilan jam hingga 11 jam per hari.

Dari hasil penelitian, hanya lima persen anak yang memenuhi tiga rekomendasi itu. Kemudian, sebanyak 63 persen anak menghabiskan waktu lebih dari dua jam sehari di depan ponsel. Anak-anak yang tidak mampu memenuhi tiga kriteria tersebut memperlihatkan hasil buruk di tes berpikir, bahasa, dan daya ingat.

“Kita perlu memerhatikan waktu yang dihabiskan anak di depan layar gawai,” ujar Jeremy Walsh, penulis utama penelitian dan juga postdoctoral dari University of British Columbia.

Baca juga: Apakah Anda Mengidap Nomophobia alias Kecanduan Smartphone?

Penelitian menegaskan bahwa berada di depan layar ponsel kurang dari dua jam sehari bisa bermanfaat bagi anak. Temuan itu sangat menyoroti arti penting pembatasan waktu bermain gadget bagi anak. Selain meningkatkan kemampuan otak, hal tersebut juga bisa menambah jam tidur.

Sumber: Washington Post

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI