NASA Temukan Dua Planet Baru Mirip Bumi

Telset.id, Jakarta – Satelit NASA TESS atau The Transiting Exoplanet Survey Satellite baru saja menemukan dua planet yang menyerupai bumi. Kedua planet tersebut berada di luar tata surya tersebut atau eksoplanet.

NASA tidak secara langsung menemui dua planet tersebut secara bersamaan. Awalnya pada Senin (16/9) lalu, NASA melalui teleskop ruang angkasa telah melihat ratusan ribu bintang di langit selatan.

Dari situ NASA dengan menggunakan Satelit TESS melakukan penyelidikan. Hasilnya, berdasarkan laporan yang diunggah di arXIV, TESS telah menemukan planet ‘Super-Bumi.

Disebutkan bahwa planet Super Bumi ini mengorbit bintang Pi Mensae dengan hampir 60 tahun cahaya dari bumi dan periode orbit 6,3 hari.

Baca juga: NASA Kirim Dua Robot ke Dasar Laut

Akun twitter TESS milik NASA, yaitu @NASA_TESS pun mengumumkan penemuan tersebut pada hari Rabu, dan mengatakan jika penemuan ini masih perlu divalidasi kembali.

Nantinya jika sudah tervalidasi maka super bumi yang dijuluki sebagai  “π Men c” merupakan penemuan pertama TESS dalam misi dua tahunnya untuk menemukan eksoplanet di sekitar bintang-bintang terdekat.

Super bumi tersebut tidak sendirian. Planet lain yang dikenal sebagai “π Men b” sekitar 10 kali ukuran Jupiter dan dengan periode orbit lebih dari 2.100 hari mengelilingi Pi Mensae juga ditemukan. Itu artinya, TESS telah menemukan dua planet yang menyerupai bumi.