Ngeri! Ini Robot Berjalan Terbesar di Dunia

Telset.id, Jakarta –  Seorang insinyur asal Inggris menciptakan robot berjalan yang memiliki enam kaki mekanik sebagai penggeraknya. Oleh Guiness World Records, robot tersebut langsung disertifikasi sebagai robot berjalan terbesar di dunia.

Guinness World Records mengatakan, “mahkluk” yang dibangun oleh Matt Denton dari Hampshire, Inggris, secara resmi adalah robot berjalan terbesar di dunia yang menggunakan enam kaki.

Baca Juga: Jellybots, Si Robot Penjaga Terumbu Karang

Robot ciptaan Denton bernama Mantis ini berukuran mencapai 2,8 meter untuk tingginya dan 5 meter untuk panjangnya. Dalam membuat robot Mantis, Denton mengaku sangat terinspirasi dari film Star Wars.

Mantis, yang bisa dioperasikan oleh pengemudi di kokpit atau menggunakan pengendali jarak jauh alias remote kontrol, bernilai 4.188 poundsterling atau sekitar Rp 81,7 jutaan dan diklaim memiliki kecepatan tertinggi 0,6 mil per jam.

Baca Juga: Sony Ciptakan Robot Anjing “Aibo” dengan Teknologi AI

Dilansir Social News Daily, Kamis (20/09/2018), Denton mengatakan bahwa pembuatan Mantis terinspirasi oleh robot AT-AT yang dilihatnya dalam film Star Wars saat masih kecil.

“Saya keluar dari bioskop usai melihat mesin yang berjalan di sebuah film. Saya tidak percaya dengan keberadaannya. Namun, saya terilhami dan membuatnya di kehidupan nyata,” jelas Danton.

Baca Juga: NASA Kirim Dua Robot ke Dasar Laut

Film Star Wars tidak hanya menginspirasi Denton untuk memecahkan rekor dunia. Ia kini menjadi bagian dari tim yang membawa BB-8 untuk beraksi di Star Wars Episode VII: The Force Awakens. (SN/FHP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI