Google Maps Bisa Terhubung dengan CarPlay di iOS 12

Telset.id, Jakarta –  Perangkat lunak Apple terbaru, iOS 12 telah menambahkan fitur baru dan peningkatan kemampuan. Salah satu peningkatan yang diberikan adalah, kini layanan pemetaan Google Maps sudah bisa digunakan di layanan CarPlay di iOS 12.

Dengan menggunakan Google Maps versi 5.0 pengguna iOS 12 yang telah diperbarui dapat menyinkronkan kemampuan navigasi Google Maps ke kendaraan mereka.

CarPlay sendiri adalah fitur pintar yang sudah ada sejak tahun 2014. Fitur ini memungkinkan iPhone milik pengendara dapat terintegrasi dengan fitur audio yang ada di kendaraan mereka.

Mereka bisa tetap menggunakan iPhone ketika berkendara secara aman. CarPlay mempermudah pengguna dalam berkendara. Pasalnya mereka bisa mengakses Apple Siri, mencari Peta lokasi, kondisi lalu lintas, perkiraan cuaca dan memperkirakaan waktu tempuh.

Baca juga: 5 Fitur iOS 12 Paling Keren yang Harus Kamu Tahu 

Selain itu pengguna bisa melakukan panggilan, mengirim atau menerima pesan dan mendengarkan musik sambil tetap fokus di belakang kemudi.

Tetapi, seperti dilansir The Verge, Selasa (181/9/2018) asisten digital Siri tidak dapat bisa digunakan untuk mengontrol aplikasi Google seperti Google Maps. Seperti pada perangkat lunak lainnya, kontrol suara internal untuk aplikasi Google harus menekan tombol terlebih dahulu.

Tindakan ini tidak disarankan karena jika pengguna menekan tombol maka mengganggu konsentrasi ketika berkendara. Tampaknya itu akan menjadi catatan tersendiri bagi pihak Apple dan Google untuk dicarikan solusinya.

Baca juga: Pembaruan iOS 12 Rilis untuk Umum, Begini Caranya 

Sebelumnya, pihak Google dan Waze telah mengumumkan bahwa mereka akan memberi dukungan navigasi di CarPlay untuk iOS 12. Tetapi hingga saat ini baru pihak Google saja yang sudah siap sedangkan Waze tampaknya masih mengerjakan fitur tersebut.

Perangkat lunak terbaru dari iOS 12 sendiri telah lama keluar. Pihak Apple memaksimalkan fitur-fitur baru demi kenyamanan pengguna. Misalnya iOS 12 memiliki fitur baru yang mampu merespon dengan cepat ketika pengguna dalam keadaan darurat.

Baca juga: Dukung iOS 12 Shortcut, Apple Rilis “Golden Master” 

Lewat fitur ini, iPhone atau perangkat iOS 12 lainnya akan secara otomatis memberikan data lokasi ke kontak terpercaya yang sebelumnya diatur oleh pengguna dan juga ke layanan 911.

Selain itu fitur Group Facetime di iOS 12 dimungkinkan untuk mengobrol hingga 32 orang secara bersamaan. Hal ini bisa dilakukan karena terintegrasi dengan iMessage sehingga pengguna dapat dengan mudah mengatur panggilan Group Facetime melalui obrolan group di iMessage. [NM/HBS]

Sumber: The Verge 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI