Tampang Cantik Performa Apik, Ini Dia 6 Fakta Menarik Honor 9i

Don’t judge a book by its cover, begitu bunyi sebuah ungkapan. But hei, ibarat kehidupan yang tak selamanya indah, kenyataan yang ada di luar juga demikian. Bagaimana pun, tampilan akan selalu menjadi hal pertama yang dilihat orang. Dan ini bukan sesuatu yang aneh, apalagi berlebihan.

Pasalnya, siapa coba yang bisa melihat apa yang di dalam hati atau isi kepala seseorang? Kita cuma baru akan tahu dia baik atau pintar setelah mengenalnya. Kalau toh tampilan luarnya menarik, ya itu bonus. Dan ini adakalanya tidak datang dengan sendirinya. Butuh usaha. Usaha untuk mempercantik diri, bukan cuma di luar tetapi juga di dalam.

Nah, hal ini jugalah yang tampaknya mulai diaplikasikan oleh beberapa pembuat smartphone di luar sana. Semata “cantik” tak lagi menjadi pertimbangan mereka dalam membuat smartphone. Lebih dari itu, hasil karyanya juga haruslah pintar.

Yup, mulai dari pintar ngebut, pintar mengambil gambar, pintar membuat orang terpesona, pintar memanjakan mata, hingga pintar memikat hati dengan harga yang relevan. Hampir semua persyaratan ini kami temukan di smartphone terbaru besutan Honor, yakni Honor 9i.

Nggak percaya? Yuk simak hasil review singkat kami berikut, yang membuktikan bahwa Honor 9i tak hanya pintar tetapi juga cekatan.

1. Judge a book by its cover, boleh

Lupakan pepatah don’t judge a book by its cover, karena faktanya, tampilan dan nuansa perangkat adalah salah satu hal yang mendasar yang menjadi perhatian orang saat membeli sesuatu. Tak terkecuali smartphone. Honor sepertinya tahu betul akan “kenyataan kejam” itu, hingga akhirnya membuat  perangkat yang tampak brilian seperti 9i. Kami pribadi sangat menyukainya.

Bagian depan terlihat kokoh dengan lapisan Glass 2.5D yang dibawanya. Lengkap dengan rasio screen to body yang membuat badannya hampir sepenuhnya tertutup layar. Yes, bezelnya tipis ala smartphone kekinian.

Belum lagi ditambah bodi metal yang membuatnya jauh dari kesan ringkih. Dengan bobot yang bisa dibilang tak akan membuat tangan patah meski berlama-lama menentengnya, 164 gram. Sementara sudut-sudut kurvanya  menjadi cara lainnya untuk mengungkapkan betapa nyamannya ia dalam genggaman. Sekali lagi, atas nama kekinian, Honor 9i juga mengadopsi aspek rasio 18:9, dan berponi. Apa yang ada di poni itu? Tak lain dan tak bukan lubang speaker dan kamera untuk selfie.

Tepian bulan di bingkai samping menjadi tempat bernaungnya tombol volume dan tombol daya, sementara laci untuk SIM Card ditempatkan di sisi lainnya. Jack headphone, lubang speaker, dan port pengisian MicroUSB ada di bawah.

2. Rupa-rupa warnanya

Bicara soal warna, Honor 9i juga tak ubahnya balon di lagu Balonku Ada 5, rupa-rupa warnanya. Nah, kali ini merek yang merupakan sub brand Huawei ini menawarkan empat pilihan warna untuk perangkatnya, termasuk Sapphire Blue, Midnight Black, Lavender Purple dan Robin Egg Blue. Yang terakhir bukan telur warna biru ya, melainkan warna hijau laut.

3. Layar terang dan kekinian

Cantik dan kekinian, itulah layar Honor 9i. Hadir dengan resolusi full HD plus, 1080×2280 piksel, layar berukuran 5,84 inci yang dibawanya lebih dari cukup untuk memberi kita  pengalaman menonton yang menyenangkan. Bukan yang terbaik memang, tapi juga tidak mengecewakan. Apalagi rasio layarnya juga bisa diubah sesuai selera, mau 19:9 boleh, mau 18:9 juga tak masalah.

Nah, bagi Anda yang merasa terganggu adanya poni, menonaktifkan ini adalah pilihan terbaik. Caranya dukup dengan terbang ke pengaturan>display>notch>hide notch.  Ketika poni dinonaktifkan, bingkai hitam pun akan muncul di bagian atas layar, tanpa mengurangi sedikitpun kecantikannya. Kata kami.

Untuk pengalaman pengguna yang mendalam, kabar baik karena layar menawarkan sudut pandang yang cukup bagus. Terang pula, untuk sebuah smartphone dengan harga yang bersahabat. Menggunakannya di bawah sinar matahari langsung juga tidak membuat mata lelah mencari-cari.

Sementara sejumlah mode, termasuk mode warna – Warm dan Cold yang memungkinkan kita menyesuaikan warna sesuai kebutuhan dan lingkungannya’ mode Eye comport  yang menyaring cahaya biru berbahaya untuk menghilangkan kelelahan visual; serta mode tampilan (View Mode) yang mengontrol ukuran elemen antarmuka seperti gambar dan karakter, membuatnya kian lengkap.

Secara keseluruhan, Honor 9i menawarkan pengalaman tampilan yang memanjakan mata. Not bad. Sekali lagi, untuk harga yang bersahabat.

4. Kamera masih jadi andalan

Honor mungkin hanyalah satu dari tak banyak vendor  yang  menjadikan kamera sebagai fitur unggulan di setiap seri smartphonenya. Honor 9i tak menjadi pengecualian. Buktinya, ia dibekali kamera belakang ganda, 13MP dan 2MP dengan LED flash.

Keduanya memiliki tugas masing-masing, dimana satu lensa untuk foto normal dan satu lensa lagi untuk deteksi kedalaman. Bagian depan Honor 9i dilengkapi kamera 16MP untuk selfie. Selama pengujian, kami menemukan bahwa foto yang diambil cukup memuaskan. Atau kami yang gampang puas? Anyways, lensa sekunder bekerja sangat baik ketika kami mengambil gambar dengan efek mendalam.

Gambar-gambar yang diambil di siang hari dan di dalam ruangan juga cukup bagus. Meski tidak lantas menjadi sangat mengesankan. Terutama di malam hari.

But hei, Honor menebus itu dengan kamera depan. Resolusi yang dibawanya boleh dibilang cukup andal buat mereka yang narsis. Dan ini kian disempurnakan oleh Mode Beauty yang dibawanya.

Selain itu, ada juga mode AR yang memungkinkan kita menghasilkan foto-foto lucu. Tentu saja, selain kita sendiri memang sudah lucu dari lahir.

5. Cantik luar dalam

Tantangan terbesar bagi si cantik berotak encer adalah membuktikan pada dunia bahwa dia tak hanya cantik, tapi juga pintar. Nah, Honor 9i tak perlu banyak berkata-kata untuk menunjukkan itu. Jebret, chipset buatan saudara tuanya (Huawei), HiSilicon Kirin 659 sudah lebih dari cukup untuk membuatnya bisa tersenyum di tengah keramaian. RAM yang dibawanya 4GB, dengan penyimpanan internal 64GB yang dapat diperluas dengan menggunakan kartu microSD.

Kami menguji kemampuannya untuk melakukan berbagai urusan, alias  multi-tasking, entah itu dengan browsing, streaming film ataupun game PUBG. Hasilnya, ehem… puas.

Dan ini kian dipertegas oleh hasil benchmark yang ditunjukkannya. Honor 9i aman dengan skor 929 pada single core dan 3693 pada multi-core. Sementara untuk AnTuTu, skor yang dicetaknya adalah 89562, atau 8 kali lebih banyak dari jumlah gol Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi di Barcelona dikali satu tim inti sepakbola. Nah lho…

6. Smartphone yang humble

Being smart is not everything. Kita juga harus humble alias membumi. Nah, Honor 9i sepertinya tahu betul mengenai hal ini. Alih-alih membawa banderol harga yang membuat orang berdesis nyinyir, ia lebih suka menjadi perangkat yang mudah dijangkau. Mau tahu berapa? Cari tahu di acara peluncurannya di sini: https://www.hihonor.com/id/events/honor9i-launch/. 

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Akun Twitter FC Barcelona dan Komite Olimpiade Diretas Hacker

Telset.id, Jakarta - Tiga akun Twitter olahraga populer, termasuk milik klub sepak bola asal Spanyol, FC Barcelona diretas hacker. Hal...

Apple Segera Rilis iPad Pro 5G Tahun Ini?

Telset.id, Jakarta  - Menurut rumor, Apple kemungkinan besar tidak hanya akan menghadirkan iPhone 5G pada 2020. Kuat dugaan, tahun...

Cegah Corona, Apple Store Periksa Suhu Tubuh Setiap Pengujung

Telset.id, Jakarta - Apple memberlakukan kebijakan baru. Perusahaan asal Cupertino, Amerika Serikat ini mewajibkan Apple Store di China untuk...

Indosat PHK 677 Karyawan, Apa Sebabnya?

Telset.id, Jakarta - Manajemen Indosat Ooredoo secara resmi mengumumkan keputusannya untuk melakukan PHK terhadap 677 karyawan. Operator ini melakukannya...

Soal PHK, Serikat Pekerja Indosat Bakal Tempuh Jalur Hukum

Telset.id, Jakarta - Serikat Pekerja Indosat masih melakukan negosiasi kepada manajemen Indosat terkait kasus PHK 500 karyawan. Tidak menutup...
- Advertisement -
X
X