Fosil Kuda Purba Ditemukan di ‘Pintu Gerbang Neraka’

Telset.id,Jakarta – Para ilmuwan Rusia telah menemukan fosil seekor anak kuda purba yang diawetkan dengan sempurna di permafrost di Siberia. Fosil yang ditemukan di wilayah Yakutia ini masih memiliki kulit, rambut, kuku dan ekor yang diawetkan secara alami di bawah lapisan es.

Untuk diketahui, wilayah Yakutia merupakan daerah yang juga terkenal dengan penemuan fosil mammoth berbulu yang ditemukan membeku di permafrost.

Para ilmuwan dari Universitas Federal Timur Laut Rusia yang mempresentasikan penemuan itu pada Kamis (24/8/2018) mengatakan, anak kuda itu diperkirakan berusia 30.000 hingga 40.000 tahun.

Seperti dikutip Telset.id dari Metro, para ilmuwan yang melakukan penelitian ini percaya kuda tersebut berumur dua bulan ketika mati.

Baca juga: Ilmuwan Teliti Otak Buaya Pakai MRI dan Musik Klasik

Kepala Museum Mammoth di ibu kota daerah Yakutsk, Semyon Grigoryev, mengaku terkejut melihat kondisi fosil kuda yang tampak sempurna. Dia mengatakan, fosil itu adalah fosil anak kuda kuno yang paling utuh yang ditemukan hingga saat ini.

Anak kuda itu ditemukan di kawah Batagaika, di sebuah lekukan dengan kedalaman 100 meter, di Taiga Siberia Timur atau yang dikenal sebagai ‘pintu gerbang neraka’.

Baca juga: Ilmuwan Ciptakan Jubah Tembus Pandang ala Harry Potter

“Hewan itu kemungkin mati akibat jatuh ke ‘jebakan alami’ berbentuk menyerupai kolam es yang mencair,” kata wakil kepala Universitas Russia North-Eastern Federal kepada The Siberian Times.

Ia menuturkan, saat ditemukan, hampir seluruh organ dalam dan juga organ luar masih utuh. Di antaranya, bulu berwarna coklat gelap, ekor dan juga rambut di kepalanya.

Baca juga: “Manusia Ikan” Suku Bajau Mampu Menyelam 70 Meter

“Tidak ada luka yang terlihat di tubuhnya. Ini adalah penemuan pertama di dunia yang menemukan kuda prasejarah pada usia muda dan dengan tingkat keawetan yang menakjubkan, “imbuhnya. [BA/HBS]

Sumber: Metro.co.uk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Robot Koki Ini Memasak untuk Pasien Virus Corona

Telset.id, Jakarta - Teknologi robot digunakan demi menjaga logisitik pasien Virus Corona. Informasi terbaru menyebut jika ada 2 robot...

Pabrik Samsung Galaxy Z Flip Tutup Akibat Terinfeksi Corona

Telset.id, Jakarta - Beberapa waktu lalu, dilaporkan bahwa pabrik Samsung yang berada di Gumi, Korea Selatan ditutup sementara akibat...

Fatal! Kecanduan Gadget Bisa Mengubah Bentuk Otak manusia

Telset.id, Jakarta - Kecanduan gadget terbukti memberikan dampak buruk bagi fisik manusia. Penelitian terbaru menyebut jika kecanduan HP pintar...

Pendukung Bumi Datar Tewas Saat Ingin Buktikan Teorinya

Telset.id, Jakarta - Pendukung teori Bumi datar, Mike Hughes tewas pada Sabtu (22/02) di usia 64 tahun. Pria yang...

Bisa Main Game Lebih Lama, Black Shark 3 Punya Baterai 5.000 mAh

Telset.id, Jakarta - Xiaomi kembali disibukkan dengan penggarapan lini smartphone gaming terbarunya, Black Shark 3. Beragam bocoran juga sudah...
- Advertisement -