Punya Kebijakan Baru, Google Play Store “Makin Galak”

Telset.id, Jakarta – Google melarang keberadaan aplikasi penambangan mata uang kripto atau cryptocurrency di Google Play Store. Raksasa pencarian itu memberlakukan aturan tersebut setelah memperbarui kebijakan pengembang dalam penyertaan aplikasi Android di Play Store.

Dilansir dari The Verge, Jumat (27/07/2018), semua fitur maupun aplikasi yang mendukung penambangan cryptocurrency bakal dicekal di Play Store. Sehingga ketika aplikasi dibuka, Google akan memberi informasi lengkap soal larangan yang diberlakukan di Play Store.

Selain yang berhubungan dengan cryptocurrency, Play Store pun melarang aplikasi tiruan atau yang meniru aplikasi lain yang sebelumnya telah tersedia. Google akan menghapus aplikasi tersebut jika ketahuan menjiplak penuh aplikasi lain tanpa adanya diferensiasi.

Selain itu, Google melarang pula aplikasi yang dirancang oleh tools otomatis atau berdasarkan template yang telah tersedia dan kemudian dikirimkan ke Play Store oleh operator layanan atas nama orang lain. Aplikasi yang berkaitan dengan senjata api dan aksesorinya pun dibatasi oleh Google.

“Aplikasi yang dibuat oleh tools otomatis, layanan wizard, atau berdasarkan pada template dan dikirimkan ke Google Play oleh operator layanan atas nama orang lain tidak diizinkan,” tegas Google.

Tak sampai disitu, aplikasi yang menarik bagi anak-anak namun memiliki konten khusus orang dewasa juga dicekal oleh Google. Kebijakan keras Google ini berlaku juga kepada aplikasi yang sering menampilkan iklan yang mengganggu.

Sebab, aplikasi yang memaksa pengguna untuk mengklik iklan atau mengirimkan informasi pribadi untuk keperluan iklan dan sejenisnya, akan ditindak tegas oleh Google.

Google memang tengah melakukan pembaruan besar-besaran di dalam Google Play Store. Selain toko aplikasi online tersebut, Google juga melakukan pembaruan desain menggunakan material design terbaru untuk seluruh platform.

Perubahan desain ini sudah terlihat pada Gmail, Chrome dan juga Google Maps. Salah satu hal yang baru pada material design Google adalah berubahnya posisi Floating Action Button dari kanan bawah layar ke bagian tengah dari bar di bagian bawah. (SN/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Main Game dengan Realme Buds Q Diklaim Anti Delay

Telset.id, Jakarta - Realme baru saja meluncurkan perangkat TWS yang dinamai Realme Buds Q. Menariknya, Realme Buds Q telah...

Honor 30 Lite Debut dengan Chipset Dimensity 800

Telset.id - Honor barus saja merilis Honor 30 Lite, yang merupakan versi terbaru dari Honor 30 series. Smartphone ini...

Cara Merekam Layar PC Windows Pakai PowerPoint

Telset.id - Mungkin ada aplikasi-aplikasi khusus yang menawarkan fitur perekaman layar. Akan tetapi tentu kita perlu usaha mencari dan...

Masuki New Normal, Pengguna Telkomsel Makin Rajin Internetan

Telset.id, Jakarta – Masuki New Normal, penggunaan layanan internet atau payload pelanggan Telkomsel di wilayah operasional Jabotabek Jabar selama...

Realme 6i Bakal Meluncur di India, “Kloningan” Realme 6s

Telset.id, Jakarta  - Realme telah merilis produk realme 6i pada Maret lalu. Uniknya, produk tersebut dipasarkan di India dengan...
- Advertisement -