Fitur Sepeda Motor Google Maps Tersedia untuk Negara ASEAN

Telset.id, Jakarta –  Pekan ini, fitur sepeda motor atau Motorcycle Mode di Google Maps akhirnya mulai tersebar di sejumlah negara di Asia Tenggara. Lantas, apakah Indonesia juga termasuk negara yang mendapatkan penerapan fitur tersebut?

Dilaporkan The Verge, pada acara peluncuran di Thailand, beberapa hari lalu, Kepala Produk Google Maps Krish Vitaldevara menyatakan bahwa fitur itu mayoritas tersedia di negara-negara Asia Tenggara.

Ia menyebut bahwa negara-negara di kawasan Asia Tenggara yang mendapatkan fitur sepeda motor Google Maps meliputi Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Menurut Krish, fitur tersebut dihadirkan agar pengendara sepeda motor bisa melihat peta dan mengingatnya sebelum mulai berjalan. Fitur itu cukup membantu pengguna di negara-negara yang banyak gang.

Fitur Sepeda Motor di Google Maps Hadir di Malaysia, Singapura, dll

Fitur sepeda motor di Google Maps kali pertama diluncurkan di India. Nah, untuk Indonesia, fitur tersebut telah ada sejak Maret 2018 atau jauh lebih dulu ketimbang negara lain di kawasan Asia tenggara.

Fitur sepeda motor di Google Maps bisa pula diakses di Hong Kong dan Taiwan. Google belum mengumumkan kapan fitur itu tersedia di iOS. Google juga belum menerangkan kapan fitur serupa masuk ke negara barat.

Beberapa waktu lalu, fitur pelaporan insiden mirip Waze dikabarkan juga bakal ada di Google Maps. Beberapa pengguna perangkat Android mengaku telah melihatnya di aplikasi peta punya Google tersebut.

Fitur baru mirip punya Waze yang ada di Google Maps berfungsi menginformasikan titik-titik perbaikan jalan, lokasi insiden kecelakaan, dan kepadatan lalu lintas. Pengguna memungkinkan melaporkan kejadian di rute yang dilewati.

Pada Juni lalu, Google Maps juga menambahkan fitur akses cepat untuk memudahkan pengguna menavigasi perjalanan dari rumah ke tempat kerja maupun sebaliknya. Untuk bisa memanfaatkannya, pengguna cukup mendaftarkan dua alamat tersebut, kemudian ucap kalimat “Navigasi untuk bekerja”.

Selanjutnya, pengguna bakal melihat detail perjalanan, kondisi lalu lintas di rute, serta berapa waktu yang dibutuhkan. Untuk pulang ke rumah, pengguna hanya perlu memberikan perintah “Navigasikan ke rumah”. Google Maps akan menunjukkan rute ke rumah dengan pembaruan lalu lintas real time.

Dilaporkan 9to5google, Google berencana untuk lebih memuluskan proses  itu dengan pengujian tombol akses cepat di Google Maps. Tombol-tombol tersebut akan ditempatkan di bawah bilah pencarian Google Maps. Satu tombol akan diberi label sebagai Home dan lainnya sebagai Work. [BA/HBS]

Sumber: The Verge

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Rekomendasi 10 Game Anak-anak Terbaik di Android 2020

Telset.id, Jakarta - Smartphone dan gaming sepertinya telah menjadi hal yang sulit dipisahkan belakangan ini. Kini, bahkan anak-anak memanfaatkan...

Sony Gelar Acara 3 Juni, Siap Pamerkan PlayStation 5?

Telset.id, Jakarta - Setelah sempat diumumkan pada tahun lalu, Sony PlayStation 5 sepertinya hanya tinggal menunggu waktu untuk hadir...

Barisan Smartphone Huawei dengan EMUI 10.1, Ada Huawei P30!

Telset.id, Jakarta – Jajaran produk Huawei P40 datang dengan EMUI 10.1, yang merupakan versi terbaru dari perangkat lunak EMUI...

Cara Menggunakan Layanan VoLTE Telkomsel

Telset.id, Jakarta - Seiring dengan semakin matangnya 4G, penerapan teknologi Voice over LTE (VoLTE) pun menjadi hal yang lumrah...

Siap-siap! Oppo Reno4 dan Reno4 Pro Meluncur 5 Juni

Telset.id, Jakarta - Setelah sempat wara-wiri di dunia maya, menampilkan baik rupa maupun spesifikasinya, Oppo Reno4 akhirnya benar-benar mengisyaratkan...
- Advertisement -