Sudah Bangun Pabrik, iPhone Tetap “Letoy” di India

Telset.id, Jakarta – India menjadi pasar yang sulit bagi Apple. Strategi Apple memproduksi iPhone di India dengan harga miring ternyata tak mampu mendongkrak penjualan.

Apple memproduksi iPhone di India untuk menghindari pajak impor sehingga bisa menjualnya dengan harga murah. Namun, upaya itu tidak mempan karena peranti buatan Apple di India kurang laris.

Dilaporkan Ubergizmo, Senin (16/7), Apple hanya bisa menjual kurang dari satu juta iPhone di India pada semester pertama 2018. Tiga tenaga pemasaran Apple angkat kaki karena performa perusahaan melempem.

Informasi menyebut, pangsa pasar Apple di India hanya mencapai sekitar dua persen. Menurut laporan Counterpoint Research, Apple cuma berhasil menjual 3,2 juta iPhone di India pada tahun lalu.

Sebelumnya, Apple melihat potensi pasar yang besar di India untuk iPhone. Karena itu, Apple dikabarkan memulai perakitan iPhone di India dengan menggandeng salah satu mitranya, Wistron di Bengaluru, India.

Perakitan iPhone di India disetujui oleh menteri bidang IT India, Priyank Kharge. Ia menyambut baik rencana besar Apple untuk memulai proses perakitan iPhone di India pada Juni 2018 kemarin.

Apple merakit iPhone di India pkarena melihat potensi besar negara tersebut sebagai pasar setelah China. Negeri Bollywood memiliki populasi mencapai 1,25 miliar jiwa. India merupakan negara ketiga setelah China dan Taiwan sebagai basis produksi iPhone di luar AS.

Sumber: Ubergizmo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI