Unggah Video di Facebook, Perempuan Ini Dihukum 8 Tahun

Telset.id, Jakarta – Mona el-Mazboh, perempuan asal Lebanon, harus menerima vonis delapan tahun penjara lantaran dituduh menjelek-jelekkan rakyat Mesir via unggahan di media sosial Facebook.

Dalam unggahannya, perempuan berusia 24 tahun tersebut mengungkapkan tentang tindakan pelecehan seksual yang dilakukan oleh seorang sopir taksi dan laki-laki muda di jalanan Kairo, ibukota Mesir.

Melalui sebuah video yang disebarkan di Facebook itu, Mona mengeluarkan kata-kata yang tak pantas tentang Mesir. Ia juga mengeluhkan layanan di restoran Kairo selama Ramadan, serta insiden kehilangan barang berharga ketika ia mengunjungi negara tersebut.

“Barang-barang saya dicuri saat melakukan kunjungan ke Mesir, beberapa waktu lalu. Saya bukan sekali berkunjung ke sana, tetapi sudah dalam empat tahun terakhir,” kata Mona.

Baca Juga: Ingin Ngintip Rok Wanita, Kamera di Kaki Pria Ini Meledak

Alhasil, video yang diunggahnya pun seketika viral dan akhirnya membuat Mona harus diamankan pihak berwajib ketika akan menuntaskan wisatanya di Mesir pada Juni 2018 lalu. Ia tiba-tiba didatangi oleh petugas ketika sedang berada di bandara Kairo.

Karena unggahannya itupun, Mona harus menghadapi sidang di pengadilan serta tuntutan hukuman selama 11 tahun penjara. Meski begitu, menurut laporan Reuters, vonis tersebut berkurang menjadi hukuman delapan tahun penjara.

Sehari sebelum penangkapan, Mona sempat membuat video permintaan maaf kepada warga Mesir. Ia mengaku tidak bermaksud menjelek-jelekkan pemerintah Mesir. Sayang, pengadilan tetap memvonisnya bersalah.

Baca Juga: Gara-Gara Facebook, Pria Ini Dipenjara 30 Tahun

Mona dituding telah menyebarkan kabar palsu yang berbahaya bagi masyarakat. Video yang ia unggah di Facebook juga bersifat menyerang agama.

Dilaporkan, Mona akan mencoba untuk mengajukan banding pada sidang yang akan digelar 29 Juli 2018 nanti.

“Kami berharap vonis bisa berubah. Klien saya pernah menjalani operasi penggumpalan darah di otak pada 2006. Sejak saat itu, ia sulit mengontrol emosi. Ia juga mengalami depresi,” ujar pengacara Mona, Emad Kamal. (SN/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

3Doodler Ciptakan Printer 3D Khusus Anak-anak Playgroup

Telset.id, Jakarta - Printer 3D selalu dianggap sebagai hobi orang-orang dewasa. Namun, perusahaan bernama 3Doodler baru-baru ini mengumumkan peluncuran...

Cantik Banget! Begini Tampilan Galaxy Buds+ Warna Merah

Telset.id, Jakarta - Ketika pertama kali memboyong Galaxy Buds+, Samsung cuma menghadirkan tiga opsi warna saja, yakni putih, biru, dan...

Asyik! Galaxy S20 dan ROG Phone 2 Bisa Mainkan Game Google Stadia

Telset.id, Jakarta - Saat pertama kali diluncurkan ke hadapan publik, Google Stadia hanya bisa dimainkan terbatas di perangkat smartphone...

Yeayy! Pengguna Bisa “Cicip” Game Android Sebelum Download

Telset.id, Jakarta - Google ingin meningkatkan ekosistem game di Android agar semakin ramah bagi para gamers. Raksasa pencarian ini menghadirkan fitur game...

Batal Meluncur di MWC, Ini Jadwal Peluncuran Oppo Find X2

Telset.id, Jakarta - Peluncuran Oppo Find X2 seharusnya digelar di Barcelona, Spanyol pada 22 Februari. Namun, karena wabah virus Corona...
- Advertisement -