Rebutan Sky, Persaingan Comcast dan Fox Memanas

Telset.id, Jakarta – Persaingan antara dua raksasa media hiburan Amerika, yakni Comcast dan 21st Century Fox (Fox) untuk memperebutkan Sky semakin memanas. Pasalnya Rabu malam (11/7/2018) Comcast menaikkan tawaran untuk mengakuisisi grup TV ini, melampaui tawaran Fox yang dibuat hanya beberapa jam sebelumnya.

Menurut channelnewsasia.com, Kamis (12/7/2018), Comcast menaikkan tawaran untuk Sky hingga £ 26 miliar (US $ 34,3 miliar) atau mencapai Rp 493 triliun, hanya beberapa jam setelah Bos Fox Rupert Murdoch meningkatkan nilai tawarannya untuk 61 persen dari saham Sky yang tidak dimilikinya. Nilai tawaran terbaru Fox sebesar £ 24,5 miliar (US $ 32,4 miliar) atau setara Rp 465 triliun.

Persaingan untuk memperebutkan Sky terjadi karena Comcast juga terlibat dalam persaingan pengambilalihan dengan Disney untuk aset hiburan Fox yang terpecah dari kepemilikan Murdoch. Beberapa analis mengatakan bahwa Comcast bisa membatalkan tawaran untuk aset Fox jika memenangkan Sky.

Acara unggulan Sky adalah liputan langsung sepak bola Liga Primer Inggris. Selain itu, grup ini juga menyediakan layanan internet broadband dan telepon. Raksasa media seperti Disney dan Comcast telah berusaha untuk meningkatkan penawaran kreatif mereka untuk bersaing dengan Netflix dan layanan streaming lainnya yang mengikis nilai aset televisi kabel konvensional.

Baca juga: Takut Kena Semprit, Comcast Lepas Rem Kecepatan Internet

Persaingan itu dimulai pada Rabu pagi waktu London ketika Fox menaikkan penawarannya ke £ 14 atau sekitar Rp 266 ribu untuk setiap saham yang beredar, naik secara substansial dari nilai sebelumnya yang sebesar £ 10,75 atau setara Rp 204 ribu.

“Sebagai pemegang saham pendiri Sky, kami tetap berkomitmen untuk membawa kedua organisasi ini bersama-sama untuk menciptakan bisnis kelas dunia yang diposisikan untuk memberikan pengalaman hiburan terbaik ke masa depan,” kata pernyataan Fox.

“Peningkatan skala dan kemampuan kombinasi akan memperkaya kemampuan Sky untuk melanjutkan misinya untuk tahun-tahun mendatang, terutama pada saat perubahan dinamis dalam industri kami.” Imbuh perusahaan itu.

Selang beberapa jam kemudian Comcast membalas pernyataan Fox, dengan merilis penawaran setelah pasar AS ditutup dari £ 14,75 atau sekitar Rp 280 ribu per saham, sekitar lima persen di atas tawaran Fox. Comcast mengungkapkan tawaran manisnya itu telah diterima oleh para direktur Komite Independen Sky.

“Comcast telah lama mengagumi Sky dan percaya itu adalah perusahaan yang luar biasa dan sangat cocok dengan Comcast. Pengumuman hari ini lebih lanjut menggarisbawahi keyakinan Comcast dan komitmennya untuk memiliki Sky,” ujar pernyataan Comcast yang dirilis setelah pasar saham AS ditutup.

Pengejaran jangka panjang Fox untuk semua saham Sky telah diganggu oleh ketakutan pemerintah Inggris atas kemajemukan media dan standar penyiaran, serta pengaruh Murdoch, warga negara AS kelahiran Australia. ini karena Murdoch memiliki dua surat kabar terkenal Inggris, yakni The Times and The Sun.

Baca juga: Edan! Comcast Tawar Fox Rp 906 Triliun

Kritik mengatakan mendapatkan kontrol penuh juga dari saluran televisi Sky News akan memberinya terlalu banyak pengaruh dalam bisnis berita. Untuk mengatasi hal ini, Fox telah mengusulkan untuk menjual Sky News ke Disney.

Sumber: Channel News Asia

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI