Baru Soft Launching, 10 Ribu Orang Serbu Aplikasi DSI

Telset.id, Jakarta – Antusiasme masyarakat terhadap momentum olahraga di Indonesia masih cukup besar. Hal ini terbukti dari banyaknya jumlah kandidat yang mendaftar kompetisi dan aplikasi Duta Suporter Indonesia (DSI).

Aplikasi yang digagas Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara itu ditujukan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat Indonesia dalam Asian Games 2018 yang akan berlangsung pada 18 Agustus s.d. 2 September 2018.

Pengembang Aplikasi DSI Enda Nasution mengungkapkan semenjak dilakukan soft-launching pada 7 Juli lalu, tercatat 10 ribu kandidat telah mendaftar DSI. Sedangkan tingkat kepopuleran aplikasi ini diklaim mencapai 3 juta orang.

“Kami ingin suporter Indonesia jadi suporter yang sportif, bijak, dan aktif. Hingga saat ini tercatat sudah ada 10 ribu pendaftar, dengan tingkat exposure mencapai 3 juta orang. Jadi sudah ada 3 juta orang Indonesia yang tahu tentang aplikasi ini. Aplikasi ini berbasis Android, namun untuk iOS ada versi webnya,” jelas Enda dalam keterangan resmi Kominfo di Jakarta, Rabu (11/7/2018).

Menurut Enda, para kandidat yang telah mendaftar namun belum terpilih menjadi Duta Suporter akan mendapat kesempatan untuk mengikuti kuis harian yang ada di aplikasi. Setiap hari pada pukul 21.00, panitia akan mengundi 10 peserta yang akan mendapat merchandise Asian Games.

Selain kompetisi untuk menjadi Duta Suporter, aplikasi ini juga menyediakan berita-berita dan program promosi dari Kementerian Kominfo tentang Asian Games 2018.

Menkomifo Rudiantara menjelaskan aplikasi ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Kemkominfo untuk mendukung Asian Games 2018. DSI diharapkan bisa membuat masyarakat Indonesia dapat ikut merasakan semangat momentum olahraga terbesar Asia itu secara digital.

“Mari jadikan momen Asian Games 2018 ini untuk kembali membangun rasa persatuan dan rasa memiliki kita sebagai bangsa, melalui pertukaran informasi dan interaksi antar daerah. Teknologi digital adalah salah satu alat yang kita miliki untuk melakukan itu.” Ujar Menkominfo.

Senada, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo, Rosarita Niken Widyastuti menegaskan Asian Games 2018 harus dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

“Aplikasi ini ada berkat kerja bersama tim, didukung penuh oleh INASGOC. Terima kasih terutama untuk Mas Enda (dan tim yang sudah mewujudkan gagasan ini,” katanya.

Melalui aplikasi berbasis Android ini, masyarakat diberi kesempatan untuk mengikuti kompetisi menjadi Duta Suporter dari 34 provinsi di Indonesia. Kompetisi berlangsung selama sebulan penuh, dari 7 Juli hingga 07 Agustus 2018.

Baca juga: Kominfo Ajak Masyarakat jadi Duta Suporter Indonesia

68 Duta Suporter terpilih nantinya akan diundang ke Jakarta untuk menghadiri rangkaian Asian Games 2018, mulai dari mengikuti upacara pembukaan (opening ceremony) hingga menonton berbagai cabang olahraga yang dipertandingkan.

Selama masa kompetisi, para kandidat duta akan mendapatkan tugas-tugas yang berhubungan dengan Asian Games dan provinsi yang ia wakili, seperti membuat tulisan singkat seperti menjelaskan alasan kandidat tertarik menyaksikan acara pembukaan Asian Games secara langsung, maupun tugas untuk menggungah foto dan video.

Para kandidat ini akan dipilih melalui sistem voting, di mana akan dipilih dua duta suporter dengan vote terbanyak dari tiap provinsi, dengan kriteria masing-masing satu perempuan dan satu laki-laki. [WS/HBS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Lenovo Mirage VR S3 Meluncur dengan Dukungan ThinkReality

Telset.id, Jakarta - Teknologi mobile VR atau virtual reality mungkin sedikit "dilupakan" akhir-akhir ini, apalagi Google pun tak lagi mendukung platform Daydream...

Vivo X50 Pro & X50 Pro+ Meluncur dengan Kamera 50MP dan Micro Gimbal

Telset.id, Jakarta – Setelah muncul berbagai bocorannya di seminggu terakhir, Vivo akhirnya mengumumkan keluarga smartphone X50 series, yakni vivo...

Xiaomi Mi Band 5: Bisa Remote Control Kamera dan NFC

Telset.id – Xiaomi Mi Band 5, pelacak kebugaran atau fitness tracker generasi terbaru dari Xiaomi akan diluncurkan pada 11...

Kecam Rasialisme, Bos Apple Kutuk Pembunuhan George Floyd

Telset.id, Jakarta – Kasus pembunuhan George Floyd oleh seorang oknum polisi di kota Minneapolis, Minnesota, Amerika Serikat (AS) telah...

Razer Blade 15 Studio Edition: Spesifikasi Upgrade dengan Intel 10th Gen

Telset.id - Razer dikenal kerap menghadirkan perangkat PC gaming yang mumpuni. Meski demikian, mereka ternyata juga punya produk untuk...
- Advertisement -