Kominfo Ajak Masyarakat jadi Duta Suporter Indonesia

Telset.id, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan meluncurkan aplikasi mobile bernama Duta Suporter Indonesia. Aplikasi berbasis Android tersebut diklaim sudah tersedia di Google Play Store dan akan diluncurkan secara resmi besok, Selasa (10/07/2018).

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara menjelaskan bahwa diluncurkannya aplikasi ini bertujuan untuk mendukung pelaksanaan Asian Games 2018. Dengan aplikasi tersebut, masyarakat diharapkan dapat ikut menyukseskan pelaksanaan olahraga terbesar se-Asia itu.

“Kominfo melakukan banyak kegiatan untuk mempromosikan Asian Games 2018,” ujar Menkominfo di acara Forum Merdeka Barat 9 di Palembang, Sabtu (07/07/2018).

Menurutnya, keberadaan aplikasi Duta Suporter Indonesia akan mengajak seluruh masyarakat di berbagai daerah untuk berpartisipasi. Aplikasi nantinya akan memilih 2 orang perwakilan dari masing-masing daerah untuk ikut dalam pembukaan Asian Games 2018.

Baca juga: Menkominfo Pastikan Sistem TI Asian Games 2018 Siap

Aplikasi Duta Suporter Indonesia sendiri merupakan program yang digagas Menkominfo dan timnya. Aplikasi ini berawal dari ide untuk melibatkan seluruh masyarakat Indonesia di perhelatan Asian Games 2018 yang akan dilaksanakan pada 18 Agustus mendatang.

Dengan demikian, masyarakat akan merasa Asian Games bukan saja hanya dimiliki oleh warga Jakarta dan Palembang saja, tapi juga dimiliki oleh seluruh masyarakat.

Nantinya, ketika pengguna telah mengunduh aplikasi Duta Suporter Indonesia di Google Play Store, mereka hanya perlu melakukan registrasi untuk mencalonkan dirinya sebagai calon duta suporter dari provinsinya masing-masing.

Baca juga: Game Ini “Didaur Ulang” karena Pajang Lambang NAZI

“Selama masa program, para calon duta akan mendapatkan tugas-tugas yang berhubungan dengan Asian Games dan daerahnya, dimana masing-masing tugas ini nanti akan dapat dipilih (vote),” imbuh dia.

Pada akhir program, akan terpilih dua dari masing-masing provinsi yakni 1 pria dan 1 wanita dengan jumlah vote terbanyak. Mereka akan mendapatkan undangan untuk bersama menghadiri acara pembukaan Asian Games 2018 di Jakarta.

Sementara itu, Partner di Suvarna.ID, tim yang mendevelop aplikasi dan program ini, Enda Nasution mengatakan keberadaan aplikasi ini akan memungkinkan dukungan warga Indonesia secara luas.

Baca juga: Pembangunan Infrastruktur Telekomunikasi Butuh Kolaborasi

“Asian Games 2018, bukan saja milik para atlit yang berlaga, tapi juga setiap orang dapat mendukung sebagai suporter yang baik dan bijak,” kata Enda Nasution, salah satu perwakilan dari Suvarna.ID, partner yang mengembangkan aplikasi Duta Suporter Indonesia.

68 orang Duta Suporter yang mewakili 34 Provinsi nanti akan berkesempatan untuk bertemu dan hadir bersama dengan penonton Asian Games dari berbagai bangsa sehingga dapat merasakan secara langsung semangat dan keseruan upacara pembukaan Asian Games 2018,” sambungnya. (WS/FHP)

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI