83 Persen Bisnis di Indonesia Mulai Jalankan IoT

Telset.id, Jakarta – Perangkat yang memiliki teknologi internet alias internet of things (IoT) nampaknya bukan merupakan hal baru bagi pelaku bisnis di Indonesia. Bahkan menurut survei Asia IoT Business Platform di ASEAN tahun lalu, lebih dari 83 persen bisnis Indonesia sedang mengeksplorasi dan mengimplementasikan solusi IoT.

Menurut Direktur Asia IoT Business Platform Irza Suprapto 11,8 persen bisnis sudah mengimplementasikan solusi IoT dan 5,1 persen sudah mendapat manfaat dari pengimplementasian itu. Sementara 29 persen bisnis lokal sedang mengeksplorasi solusi-solusi IoT yang ada dan 37 persen sedang mengumpulkan fakta dan mempelajari solusi IoT.

“Meski begitu, masih ada hambatan. 1.573 responden yakin bahwa biaya yang tinggi (68,9 persen) adalah hambatan utama dalam mengimplementasikan solusi IoT skala besar, diikuti oleh masalah security (56,3 persen),” ujar Irza dalam acara diskusi Asia IoT Bisnis Platfom di Jakarta, Rabu (4/7/2018).

Selain itu, kata dia, sebanyak 48,2 persen responden mengaku mengalami hambatan ketidaksesuaian dengan sistem lama, 43,6 persen responden mengalami hambatan kompleksitas sistemnya dan 40,4 persen responden mengalami hambatan ketersediaan sumber daya manusia yang memahami teknologi itu.

Baca juga: Penggunaan IoT Terbanyak Ada di Asia

Namun Irza mengaku optimistis implementasi IoT bakal terus meningkat, khususnya untuk kalangan pelaku bisnis. Pasalnya aplikasi IoT tidak hanya dilakukan oleh pebisnis Indonesia, melainkan juga pebisnis dari seluruh dunia, khususnya Kawasan Asia. Ini membuat bisnis mereka semakin efisien dan cepat bergerak, sehingga harus diantisipasi oleh pebisnis lokal dengan menerapkan IoT.

“Survei terbaru terhadap perusahaan-perusahaan di ASEAN sedang dilakukan saat ini dan hasilnya akan dipaparkan pada Asia IoT Business Platform (AIBP) edisi ke-25 di Jakarta, yang akan digelar pada 28-29 Agustus 2018 di The Ritz Carlton Mega Kuningan,”imbuh dia.

Dia mengatakan pada AIBP 2018 akan ada informasi terbaru mengenai implementasi teknologi IoT di Indonesia tahun ini dan perbandingannya dengan negara-negara lain di ASEAN yang  akan menjadi satu dari banyak topik yang akan didiskusikan di acara dengan tema Digitization of Local Enterprises in Indonesia.

Baca juga: Peran Penting Operator Bangun Ekosistem IoT

“Dengan dukungan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, kegiatan ini akan menghadirkan badan-badan pemerintahan, berbagai perusahaan, dan penyedia solusi IoT internasional, dengan tujuan untuk memahami bagaimana teknologi IoT bisa diaplikasikan di perusahaan dalam meningkatkan proses bisnis secara internal,” kata dia. [WS/HBS]

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI