Apple Hadirkan Aplikasi untuk Bantu Tugas Guru

Telset.id, Jakarta – Apple meluncurkan aplikasi gratisan bernama Schoolwork. Fungsinya untuk membantu para guru di sekolah. Inovasi baru berbasis penyimpanan awan itu kali pertama diperkenalkan pada acara edukasi Apple di Amerika Serikat, Maret 2018.

Aplikasi Schoolwork memungkinkan para guru menggunakan iPad di ruang kelas untuk membuat dan mendistribusikan modul atau tugas. Para guru bisa berkolaborasi dan mengarahkan para siswa secara langsung ke pelajaran tertentu via aplikasi tersebut.

Dengan kemampuan seperti itu, para guru bisa secara berkala melacak progre seluruh siswa. Kegiatan belajar juga bisa memanfaatkan App Store di perangkat Apple yang memiliki banyak aplikasi edukatif.

Apple menambahkan aspek privasi di Schoolwork sejak kali pertama diperkenalkan. Pihak sekolah atau guru bisa membuat dan mengontrol sendiri akun yang digunakan oleh para siswa. Aktivitas mereka tetap dalam sistem alias tidak diakses oleh Apple.

Baca juga: Apple Rilis iPad Murah untuk “Sekolahan”

Schoolwork dirancang untuk digunakan bersama aplikasi Classroom yang tersedia di iPad dan Mac. Meski bisa diakses cuma-cuma, harga iPad yang mendukung aplikasi tersebut dijual cukup mahal, yaitu USD 299 atau sekitar Rp 4,2 juta.

Kiprah Apple di dunia pendidikan memang semakin kental. Baru-baru ini, Apple bekerja sama dengan University of Alabama melakukan inovasi dengan mengganti kartu mahasiswa dengan Apple Watch.

Penggantian kartu mahasiswa dengan Apple Watch juga berhubungan dengan pembaruan iOS 12 dan WatchOS 5 yang baru saja diumumkan oleh Apple pada ajang WWDC 2018, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Apple Watch Gantikan Kartu Mahasiswa di Amerika

Apple memperkenalkan dukungan untuk tanda pengenal mahasiswa di aplikasi Wallet. Perangkat lunak besutan Apple itu kabarnya segera dirilis. Pasalnya, para mahasiswa harus mengintegrasikan perangkat Apple dengan menambahkan kartu mahasiswa ke aplikasi Wallet. [SN/HBS]

Sumber: Techcrunch

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI