XL Siap “Amankan” Jalur Mudik Lebaran

Telset.id, Jakarta – XL Axiata menyatakan jaringannya telah siap menyambut libur Lebaran yang biasanya akan dibarengi dengan lonjakan trafik telekomunikasi pemudik. Beberapa titik strategis yang biasanya menjadi arus padat pemudik telah “diamankan” dengan meningkatkan kapasitas jaringannya.

Di sepanjang Pulau Jawa, jaringan 4G LTE XL telah meng-cover lebih dari 96% jalur jalan raya. Sementara itu, untuk jalur kereta api Jakarta – Surabaya, jaringan 4G telah menyelimuti lebih dari 90%.

Tidak hanya di Jawa, jaringan 4G XL juga sudah bisa dinikmati masyarakat di 94% area di sepanjang jalur mudik utama Sumatera dan 66% area jalur mudik di Kalimantan.

“Untuk Lebaran tahun ini, kami sudah berkomitmen untuk bisa menyajikan 3 hal dalam pada layanan akses digital, yaitu jadi lebih luas, lebih cepat, dan lebih nyaman,” ujar Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya di acara Buka Puasa Bersama Media di Resto Seribu Rasa, Jakarta (4/6/2018).

Yessie menyebutkan bahwa hal itu merupakan bagian dari rencana besar pembangun jaringan data XL yang telah berjalan selama ini. Menurutnya, jaringan 3G/4G XL semakin luas dengan penambahan 8500 BTS baru sebelum Lebaran 2018.

“Saat ini, harusnya semakin banyak masyarakat yang bisa mendapatkan akses digital karena jaringan data XL telah menjangkau 93% populasi Indonesia, termasuk kabupaten dan kecamatan di luar Jawa,” imbuhnya.

Lebih jauh Yessie menjelaskan, bahwa untuk meningkatkan kualitas akses digital, secara teknis XL telah menerapkan sejumlah teknologi terkini. Beberapa di antaranya adalah Network Function Virtualization Core, Spektrum Wideband 4G, dan teknologi 4.5G.

Baca juga: XL Geber Perluasan Jaringan 4G di Daerah Pelosok

“Termasuk dalam Teknologi 4.5G ini adalah LAA Spectral Efficiency, Carrier Aggregation 256 QAM, serta 4T4R 4X4 MIMO. Saat ini, layanan 4.5G XL sudah tersedia di sekitar 100 kota,” terangnya.

Karena itu, menurut Yessie, XL tak begitu kesulitan untuk memperkuat jaringan di sepanjang jalur utama mudik untuk transportasi darat.

“Di Jawa, jalur Pantai Utara dan Pantai Selatan, termasuk di sepanjang jalur kereta api, hampir semuanya sudah ter-cover 4G,” jelasnya.

Foto: Hendra Wiradi/Telset.id

Bahkan, sambung Yessie, untuk mendukung mudik tahun ini, XL telah menyiapkan jaringan internet cepat di sepanjang jalur jalan tol trans Jawa, dari Jakarta – Surabaya, termasuk di banyak ruas tol baru.

Ini juga mencakup ruas tol yang masih fungsional. Hasilnya, lebih dari 97% area sepanjang tol dari Jakarta hingga Surabaya itu sudah terlayani dengan jaringan 4G LTE.

Sementara untuk jalur utama non tol yang menyusuri sepanjang pantai utara Jawa, ruas yang ter-cover 4G mencapai lebih dari 95%, dan jalur non-tol Pantai Selatan mencapai sekitar 90%. Pada jalur kereta api, lebih dari 90,5% terselimuti 4G.

Untuk memperkuat kualitas jaringan di berbagai lokasi karena bertambahnya jumlah pengguna dan trafik di suatu area, XL juga meningkatkan kapasitas radio transmisi dan menempatkan sedikitnya 49 unit mobile BTS.

Baca juga: XL Raup Untung Dua Kali Lipat dari Bisnis Internet

Mobile BTS ini ditempatkan di area yang rawan terjadi lonjakan trafik, termasuk di tempat-tempat pemberangkatan transportasi massal, seperti bandar udara, terminal bus, pelabuhan laut, serta tempat penyeberangan antarpulau. Selain itu juga di lokasi tujuan wisata dan pusat perbelanjaan.

“Kami memahami bahwa saat ini semakin banyak masyarakat yang membutuhkan akses ke berbagai layanan digital untuk memenuhi kebutuhan saat mudik lebaran dan berlibur,” pungkas Yessie. [HBS]

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Lewat Android 11, Tombol Power Smartphone Bisa ‘Nyalain’ Lampu Rumah

Telset.id, Jakarta - Tombol power di smartphone Android ke depannya mungkin akan memiliki banyak tugas, alih-alih hanya menampilkan opsi mematikan atau restart smartphone...

Lenovo Mirage VR S3 Meluncur dengan Dukungan ThinkReality

Telset.id, Jakarta - Teknologi mobile VR atau virtual reality mungkin sedikit "dilupakan" akhir-akhir ini, apalagi Google pun tak lagi mendukung platform Daydream...

Vivo X50 Pro & X50 Pro+ Meluncur dengan Kamera 50MP dan Micro Gimbal

Telset.id, Jakarta – Setelah muncul berbagai bocorannya di seminggu terakhir, Vivo akhirnya mengumumkan keluarga smartphone X50 series, yakni vivo...

Xiaomi Mi Band 5: Bisa Remote Control Kamera dan NFC

Telset.id – Xiaomi Mi Band 5, pelacak kebugaran atau fitness tracker generasi terbaru dari Xiaomi akan diluncurkan pada 11...

Kecam Rasialisme, Bos Apple Kutuk Pembunuhan George Floyd

Telset.id, Jakarta – Kasus pembunuhan George Floyd oleh seorang oknum polisi di kota Minneapolis, Minnesota, Amerika Serikat (AS) telah...
- Advertisement -