Gawat! Ribuan Kamera Pengawas Rentan Disusupi Hacker

Telset.id, Jakarta – Kamera pengawas merupakan alat pemantau keamanan utama di sebuah bangunan, baik itu bangunan pribadi maupun fasilitas umum dan komersial. Alat yang biasa disebut CCTV ini semakin penting untuk kalangan pengusaha karena menjadi salah satu syarat untuk mendapat kucuran kredit dari bank.

Namun ada kabar kurang enak terkait kamera pengawas ini. Pasalnya, kamera canggih yang sebagian besar terkoneksi internet ini ternyata rentan disusupi hacker.

Menurut Cnet, puluhan ribu kamera pengintai rentan disusupi hacker. Seperti dilansir Bleeping Computer, seorang peneliti di Argentina menemukan bahwa seseorang dengan kode pendek dapat memanfaatkan untuk mengakses kamera tersebut.

Peneliti pertama menemukan cacat pada kamera yang dibuat oleh pembuat kamera asal Spanyol TBK Vision. Tak lama kemudian, dia juga menemukan bahwa beberapa merek kamera pengawas lain dari seluruh dunia tampaknya terpengaruh.

Merek kamera tersebut antara lain CeNova, Night Owl, Nova, Pulnix, Q-See dan Securus. Cacat ini memungkinkan peretas menerima nama pengguna dan kata sandi kamera dalam teks biasa. TBK Vision, Pulnix, Q-See dan Securus tidak merespon pertanyaan terkait kasus tersebut. sedangkan CeNova, Night Owl, dan Novo tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar.

Sayangnya Peneliti yang menemukan masalah ini Ezequiel Fernandez menolak berbicara dengan Bleeping Computer. Dia juga tidak segera menanggapi permintaan komentar dari cnet. Namun publikasi menunjukkan penelitiannya ke pakar keamanan lain, yang mengatakan bahwa kode peretasan dapat berhasil mengakses kredensial masuk untuk kamera hasil identifikasi Fernandez.

berita terkait: Duh! Hacker Bisa Mata-matai Korban Pakai CCTV

Sistem pengawasan yang terhubung ke Internet sangat rentan terhadap peretas jika pengguna memakai kata sandi standar. Hacker dapat menemukan kamera online dengan menggunakan mesin pencari seperti Google atau Shodan, yang memungkinkan penggunanya menemukan apa pun yang terhubung ke internet.

Seringkali hacker dapat mencoba masuk. Jika nama pengguna dan kata sandi Anda adalah “admin”, maka hacker akan mudah mengakses kamera pengawas.

Kondisi tersebut akan menjadi lebih buruk ketika hacker menemukan cara untuk mengakses banyak kamera sekaligus dengan cepat. Itulah yang terjadi selama serangan Mirai pada 2016, ketika hacker mengakses kamera yang terhubung ke internet dan menginfeksinya dengan software berbahaya.

Aksi itu ternyata bertujuan membuat jaringan perangkat yang diretas. Para hacker kemudian menggunakan kamera untuk mengirim banyak sekali permintaan ke situs web populer seperti Twitter, Reddit, dan Netflix, sambil membuat offline sementara.

Sumber: Cnet

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Rusia Pakai Robot Humanoid untuk Pangkas Birokrasi

Telset.id, Jakarta  - Sebuah robot mirip manusia yang dirancang untuk terlihat dan bertindak seperti petugas wanita mulai memberikan layanan...

Tokopedia Bantu Warung Tradisional Hadapi Covid-19

Telset.id, Jakarta - Tokopedia bantu warung tradisional untuk menghadapi pandemi Covid-19. Alasannya, karena warung tradisional adalah garda terdepan untuk...

Sstt! Baterai iPhone 12 Bakal Bikin Kecewa, Kenapa?

Telset.id, Jakarta  - Rumor menyebut bahwa baterai iPhone 12 bakal mengecewakan pengguna. Benarkah? Laporan MySmartPrice mengungkapkan, Apple mengurangi kapasitas...

Cegah “Zoombombing”, Google Meet Blokir Pengguna Anonim

Telset.id, Jakarta - Google menghadirkan fitur keamanan terbaru. Fitur keamanan ini akan blokir pengguna anonim yang masuk ke layanan...

Oppo 125W Flash Charge Bisa ‘Ngecas Full’ Cuma 20 Menit!

Telset.id, Jakarta - Oppo kembali menunjukkan diri sebagai pionir teknologi pengisian daya cepat dengan memperkenalkan Oppo 125W Flash Charge....
- Advertisement -