Bill Gates Jadi Investor Proyek Satelit Keamanan Nasional

Telset.id, Jakarta – Pendiri Microsoft, Bill Gates, masuk dalam daftar investor proyek satelit komunikasi. Namanya bersanding dengan CEO SoftBank, Masayoshi Son.

Mengutip CNBC, Bill Gates terlibat dalam proyek EarthNow LLC, yakni perusahaan rintisan di kota Seattle yang berambisi meluncurkan 500 satelit kecil untuk penyediaan layanan video.

Cakupan video dari proyek itu cukup luas karena hingga ke seluruh dunia. Video yang ditampilkan pun tak sekadar hiburan, tetapi lebih fokus kepada keamanan nasional.

Tak cuma Bill Gates dan Son, proyek tersebut melibatkan pula Airbus SE serta OneWeb sebagai investor proyek satelit ini. Bedanya, Bill Gates dan Son berinvestasi atas nama pribadi. Akan tetapi, tak dibeberkan nominal investasi keduanya.

CEO EarthNow, Russell Hannigan, menyatakan bahwa perusahaannya tengah mempersiapkan proyek untuk pembuatan aplikasi pelacak penangkapan ikan ilegal. Aplikasi besutannya juga berfungsi mengawasi migrasi di zona konflik.

Sayang, ia tak bersedia mengungkapkan secara lebih detail mengenai biaya pembuatannya. Yang jelas, ia mengemukakan, nilai keseluruhannya bisa mencapai 1 miliar dolar Amerika Serikat. “Namun, angkanya kemungkinan bisa berubah,” kata Hannigan.

Baca juga: Hebat! 15 Ramalan Bill Gates yang Jadi Kenyataan

Konsep yang diusung oleh EarthNow merupakan saingan dari Stratolaunch Systems Corp yang didirikan oleh Co-Founder Microsoft, Paul Allen. Namun, Hannigan menyebut bahwa perusahaan memiliki keunggulan tersendiri dibanding kompetitor. [SN/HBS]

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here