BJtech Tawarkan Solusi Digital Customer Care Untuk UKM

Telset.id, Jakarta – PT Jualan Online Indonesia menghadirkan platform BJtech. Platform yang diisi chatbot, alias robot berbasis teknologi Artificial Intellegence (AI) yang didesain untuk menjawab pertanyaan Anda secara presisi ini .

CEO PT Jualan Online Indonesia Diatce G. Harahap, BJtech ingin menunjukkan bahwa chatbot bisa diciptakan semua orang Indonesia dari berbagai kalangan, mulai dari pelaku UKM, artis, hingga karyawan. Hal ini dikarenakan dengan penggunaan platform BJtech, seseorang tidak perlu memiliki keahlian pemograman tertentu.

“Chatbot pun dapat dibuat dengan waktu yang relatif cepat. Kami ingin menghilangkan batasan yang ada bahwa membuat chatbot itu sulit. Contohnya, bagi pelaku UKM dapat menggunakan chatbot sebagai digital customer care untuk 24 jam. Sementara bagi individu, dapat menggunakan chatbot untuk kebutuhan mereka sehari-hari ataupun hobi seperti mengembangkan entertainment chatbot,” terang Diatce.

Platform BJtech yang didukung oleh machine learning technology, diyakininya, dapat menjangkau semua orang dalam satu waktu bersamaan melalui komunikasi paling mudah, yaitu chatting. Para pengguna hanya perlu mengikuti Iangkah-langkah teknis yang sederhana.

Pertama, menentukan tujuan dan fungsi dari pembuatan chatbot, dikarenakan akan berdampak pada Iangkah selanjutnya, yaitu rancangan alur percakapan, gaya bahasa, dan gramatika yang digunakan dalam chatbot. Lalu, diakhiri dengan menghubungkan chatbot yang telah dibuat agar dapat diimplementasikan di salah satu aplikasi pesan yang ada, yaitu LINE.

[Baca Juga : Zebra Technologies: Visibilitas Real Time Lebih Penting dari Sebelumnya]

Menurut Diatce, pemanfaatan chatbot sebagai digital customer care bagi pelaku UKM dapat menghasilkan efisiensi biaya dan waktu dikarenakan sistem layanan menjawab secara otomatis. Tidak hanya itu, kegunaan chatbot lainnya adalah dapat melakukan pemesanan dan bahkan berbagi lokasi.

“Produk chatbot yang menggunakan AI Conversation Platform BJtech pun sudah kami hasilkan melalui kerja sama dengan LINE Indonesia, BNl, dan Cisco. Terkait dengan implementasi chatbot, sementara ini hanya bisa di LINE saja. Ke depannya, kami akan memperluas ke aplikasi pesan Iainnya, mobile apps, maupun platform Iain,” tutur Diatce.

Sebagai langkah awal edukasi, BJtech akan memberikan gratis penggunaan platform chatbot tersebut untuk segmen UKM. Selanjutnya, UKM dapat menggunakan layanan itu hanya dengan membayar biaya langganan yang sangat murah, Rp 50 ribu setiap bulannya.

“Target kami, ada 200 ribu UKM yang dapat dijangkau oleh platform chatbit BJtech ini hingga akhir 2018. Tentu saja, dengan captive market dari member LINE@ dan HIPMI sebagai mitra kami,” tutup Diatce. (MS)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Kominfo Pantau Hoaks RUU Cipta Kerja di Media Sosial

Telset.id, Jakarta - Menkominfo Johnny G. Plate mengaatakan pihaknya akan memantau isu-su terkait RUU Cipta Kerja di media sosial...

Tips Hindari Serangan Cyber “APT” yang Mengancam Indonesia

Telset.id, Jakarta - Kaspersky mengungkapkan bahwa serangan Advanced Persistent Threats atau APT menjadi ancaman cyber yang serius dan lebih berbahaya bila dibandingkan dengan malware yang ada sekarang....

Sah! Aturan Blokir Ponsel BM Berlaku 18 April Mendatang

Telset.id, Jakarta - Menkominfo Johnny G. Plate memastikan aturan blokir ponsel BM atau black market melalui IMEI akan berlaku pada...

Waspada! Serangan Cyber Berbahaya Intai Pengguna di Indonesia

Telset.id, Jakarta - Kasperksy mengungkapkan adanya peningkatan serangan cyber berbahaya di Asia Tenggara yang terjadi sepanjang tahun 2019. Kaspersky mengatakan, serangan...

Tips Foto Bokeh dengan Smartphone, Biar Lebih Maksimal

Telset.id, Jakarta - Bokeh menjadi salah satu pengalaman fotografi yang umum digunakan pada smartphone saat ini. Tidak seperti dahulu...
- Advertisement -