Roket Falcon 9 Sukses Orbitkan Satelit Hispasat

Telset.id, Jakarta – SpaceX sukses meluncurkan roket Falcon 9 yang membawa satelit Hispasat 30W-6 ke orbit. Misi tersebut menandai keberhasilan peluncuran roket Falcon 9 ke-50 oleh SpaceX.

Sebelumnya, SpaceX meluncurkan roket Falcon 9 ke Mars dengan membawa mobil Tesla Roadster milik Elon Musk. Peluncuran itu pun menyedot perhatian khalayak dunia.

Melalui Twitter, seperti dilaporkan Slahsgear, SpaceX mengonfirmasi bahwa penyebaran satelit Hispasat 30W-6 ke orbit geostasioner telah berlangsung lancar. Sang CEO, Elon Musk, mengucapkan selamat kepada timnya.

Sempat mengalami penundaan karena terkendala oleh cuaca buruk, roket Falcon 9 meluncur dari Cape Canaveral Air Force Station, Florida, Amerika Serikat. Peluncuran berlangsung pada pukul 12.33 dini hari waktu setempat atau Selasa pukul 12.33 WIB.

[Baca juga: SpaceX Luncurkan Roket Falcon 9 ke-50]

Amunisi yang dibawa oleh roket Falcon 9 membutuhkan waktu 33 menit setelah peluncuran untuk mengembang di atmosfer. Satelit geostasioner yang berada di roket Falcon 9 bakal menempati posisi 30 W untuk menggantikan satelit Hispasat 1D.

Asal tahu saja, Hispasat 30W-6 (H30W-6) milik perusahaan komunikasi asal Spanyol adalah satelit terbesar yang pernah diterbangkan oleh SpaceX. Satelit H30W-6 akan membantu perusahaan komunikasi asal Spanyol itu untuk meningkatkan jangkauan serta penyediaan akses internet cepat untuk penduduk di daerah pedesaan.

Sekadar informasi, SpaceX meluncurkan roket Falcon 9 pertama delapan tahun lalu atau Juni 2010. Roket yang diluncurkan pada Selasa siang kemarin merupakan yang ke-50. Artinya, SpaceX hanya butuh waktu tujuh tahun sembilan bulan untuk meluncurkan total sebanyak 50 roket.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI