Cara Menemukan Penyusup di Wi-fi Anda

Nokiafans.id, Jakarta – Koneksi Wi-Fi di perangkat Android yang mendadak berjalan lambat sangat menjengkelkan. Ada banyak sebab, biasanya dari operator atau jaringan, tapi bisa jadi ada yang menggunakannya tanpa izin alias menyusup.

Lantas, bagaimanya cara mengetahui siapa yang menjadi penyusup di Wi-Fi Anda? Melansir halaman Androidpit, hal pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi yang akan di monitor. Lalu unduh aplikasi Fing untuk monitoring jaringan.

Buka aplikasi dan akan tertera nama jaringan Anda di layar awal, bersama tombol Refresh dan Settings. Untuk melihat semua perangkat yang terhubung ke jaringan Wi-Fi Anda, apakah itu ponsel cerdas, PC, atau perangkat lain, ketuk Refresh.

Ketuk perangkat apa pun di jaringan Anda untuk menampilkan daftar opsi untuk berinteraksi, termasuk pengiriman ping atau Wake pada sinyal LAN. Anda bahkan dapat log saat perangkat tersebut terhubung dan memutuskan sambungan dari jaringan.

[Baca juga: Teknologi Audio Nokia OZO Bikin Suara 360⁰ Lebih Realistis]

Cara memblokir perangkat penyusup
Fing menunjukkan alamat MAC dari setiap perangkat yang terhubung ke jaringan Anda dan catat nomornya.

1. Pada komputer yang terhubung ke router Anda, masukkan IP router Anda ke dalam browser, lalu masukkan rincian login router Anda di halaman berikutnya.

2. Setelah login ke router Anda, cari opsi Security, klik MAC Filtering, lalu Add Device.

3. Masukkan alamat MAC perangkat yang ingin Anda blokir di bidang MAC, berikan nama jika ada opsi seperti itu, lalu klik Apply, Save atau OK.

Nah, untuk lebih aman lagi, jangan lupa ubah sandi Wi-Fi. [IF]

Source: Nokiafans.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI