9 Alasan Kenapa Harus Beralih ke Android Oreo

Nokiafans.id Jakarta – Sebagian dari Anda mungkin merasa tidak perlu beralih ke sistem operasi terkini dari ponsel Anda. Hal itu dikarenakan apa yang Anda miliki saat ini masih terbilang mumpuni untuk menunjang berbagai aktifitas harian.

Tapi, tahukah Anda bahwa banyak fitur keren yang sejatinya sayang untuk dilewatkan seandainya saja Anda berganti ke Android Oreo. Nah, penasaran dengan fitur baru apa saja yang dimaksud?

Merangkum dari halaman makeuseof, setidaknya ada sembilan fitur menarik yang tidak bisa Anda abaikan dari generasi terbaru Android Oreo. Untuk lebih jelasnya, berikut penelusuran:

1. Aplikasi Sideloading Kini Granular dan Lebih Aman

Aplikasi sideloading memungkinkan Anda mendapatkan akses ke semua jenis aplikasi, namun risiko keamanannya sangat besar. Nah, Oreo mengharuskan mengalihkan setelan ini berdasarkan aplikasi.

Misalnya mengizinkan pemasangan APK secara manual dari AppStoreAmazon, namun memblokir pemasangan APK yang didownload dari Google Chrome. Selain itu, Google Play Protect dapat memeriksa aplikasi yang tidak dikenal demi keamanan.

2. Android Verified Boot 2.0 untuk Mencegah Kerusakan

Fitur ini mendukung Rollback Protection, dirancang untuk mencegah perangkat agar tidak melakukan booting jika diturunkan ke versi yang lebih tua atau yang lebih rentan.

3. Project Treble untuk Sandboxing yang Lebih Baik

Di Oreo, setiap Lapisan Abstraksi Perangkat Keras (HAL) berjalan di sandboxnya sendiri. Ini berarti mengurangi penyalahgunaan izin aplikasi dan driver perangkat keras.

4. Versi SSL yang tidak berlaku lagi

Di Oreo, Android telah berhenti mendukung SSL versi lama dan tidak aman ini. Oreo juga membawa beberapa perubahan keamanan pada elemen WebView, yang memperingatkan adanya situs curang dan menipu.

5. Tetap terlindungi pada Wi-Fi Umum

Fitur Asisten WiFi di Oreo dapat membantu terhubung ke jaringan Wi-Fi berkualitas tinggi dan mengamankannya dengan VPN kembali ke Google. Namun, fitur ini tampaknya eksklusif untuk pengguna Project Fi dan Nexus / Pixel seperti sekarang.

6. Dukungan untuk perangkat keras tahan banting

Memungkinkan dukungan untuk modul keamanan perangkat keras khusus yang
melindungi kode kunci layar terhadap serangan fisik. Pixel 2 adalah telepon pertama yang datang dengan modul keamanan semacam itu.

[Baca juga: Mendarat di Indonesia, Ini Harga Nokia 8]

7. Dukungan untuk Tombol Keamanan Fisik

Oreo memiliki kunci keamanan fisik yang bisa dihubungkan ke ponsel menggunakan Bluetooth atau NFC.

Saat ini, pengembang diwajibkan untuk membangun fitur ini ke aplikasi mereka, jadi mungkin diperlukan beberapa saat sampai mulai berjalan semuanya.

8. Pengunci Kernel

Oreo membatasi akses ke kernel dengan bantuan filter seccomp baru.

9. Overlay Sistem yang Dismissive

Di Oreo, ada pemberitahuan terus-menerus ketika terjadi System Alert Overlay. Ini juga memungkinkan Anda mengabaikan pemberitahuan dengan mudah dan menghapus overlay ini. [IF]

Source: Nokiafans.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here