Cara Membuat Cadangan dan Kembalikan Data Steam

Telset.id, Jakarta – Unduhan game dan aplikasi melalui Steam biasanya hanya terjadi satu kali, kecuali untuk keperluan pembaruan. Anda jangan sampai melakukannya berkali-kali karena beberapa game bisa memakan ruang 100 GB atau lebih.

Bagi Anda yang sekarang khawatir dengan penggunaan data, memindahkan perpustakaan Steam ke komputer lain bisa mengakibatkan kelebihan ruang. Guna mengatasinya, Steam menawarkan metode untuk membuat cadangan perpustakaan Anda dengan cara relatif mudah.

1. Backup

Dengan semua yang diperbarui, klik “Steam” di pojok kiri atas, lalu pilih “Backup and Restore Games“.

Selanjutnya, pilih “Backup Recently Installed Games“, lalu centang kotak di samping setiap aplikasi dan game yang ingin Anda backup.

Pilih lokasi untuk menyimpan backup, lalu beri nama(abaikan pilihan CDROM di bawah kolom teks).

Begitu Anda memulai pencadangan, tinggalkan komputer untuk melakukan tugasnya sendiri. Beberapa jam untuk menyelesaikan prosesnya, bergantung kepada ukuran perpustakaan Anda.

2. Restore

Untuk mengembalikan data cadangan ke komputer yang berbeda setelah menginstal Steam dan masuk ke akun Anda, hubungkan drive eksternal, lantas pilih Steam> Game Backup and Restore> Restore a Previous Backup>Select the Location of Your Backup>Pick the Apps or Games You Want to Restore.

Setelah proses pemulihan selesai, semua pengaturan dan pembaruan harus tetap utuh. Mungkin butuh sedikit waktu, tapi mungkin tidak lebih lama dari yang dibutuhkan untuk mengunduh game dari nol.

Selamat mencoba!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI