11 Cara Merekam Video Lebih Baik dengan Smartphone

Nokiafans.id, Jakarta – Era smartphone mempermudah orang melakukan berbagai hal, terutama merekam video. Bahkan dengan kemajuan teknologi fotografi di ponsel dan sedikit latihan serta membaca sejumlah tips, Anda sudah bisa membuat rekaman hebat, vlogging, hingga bahkan merekam film indie atau dokumenter layaknya profesional.

Lebih jelasnya, mari kita simak 10 tips yang dirangkum tim Nokia dari halaman Pocketlint untuk menghasilkan video menakjubkan.

1. Perhatikan posisi Ponsel

Pastikan memegang perangkat Anda dengan posisi horisontal untuk menghasilkan orientasi lanskap dan menghindari ada bilah vertikal hitam di kedua sisi video. Pemandangan yang cantik bisa tidak indah dilihat jika ada bilah hitam di kedua sisi video.

2. Perhatikan Subjek

Penempatan subjek video harus tepat di tengah bingkai gambar (framing). Namun Anda juga bisa menempatkannya sedikit ke pinggir untuk menciptakan pemandangan yang lebih menarik.

3. Tiadakan Zoom

Hindari pemakaian Zoom untuk membuat subjek terlihat lebih dekat. Agar subjek lebih jelas, tentu saja harus dilihat lebih dekat supaya tidak merusak kualitas gambar.

4. Tiadakan Flash

Hindari penggunaan lampu kilat (Flash) karena akan menyebabkan efek kulit kuning dan mata merah seperti hantu. Sebaiknya Anda mencari sumber cahaya lain seperti neon sign atau juke box, seperti yang ada di studio foto.

5. Jangan menggunakan lampu latar

Ini akan menyebabkan subjek jadi gelap. Solusinya, coba konfigurasi penyiapan cahaya dasar.

6. Gunakan selang waktu (time laps)

Teknik sinematografi ini adalah frekuensi bingkai film diambil (frame rate) jauh lebih rendah daripada yang digunakan untuk melihat urutannya, seperti yang sering dilihat pada video clip lagu. Di Instagram dikenal dengan hyperlapse dengan fitur stabilisasi agar gambar tetap fokus dalam perekaman jangka waktu lama.

7. Gunakan GIF

Ini seperti klip video stop-motion kecil yang dapat dikirim melalui email, jaringan sosial, atau pesan SMS. Berbagai aplikasi memiliki fitur ini seperti Tumblr, Giphy, Google Photos dan Pocket-lint.

8. Gunakan Boomerang

Video seperti GIF, namun tidak memiliki audio.

9. Efek Snapchat

Anda dapat dengan cepat mengirim video (atau snap) ke tempat kerja atau kepada seorang teman, dengan menambahkan berbagai efek khusus dan efek samping berbasis tambahan seperti Lensa, Avatar bitmoji atau filter. Foto yang ditambah kuping dan lidah hewan merupakan salah satu contohnya.

10. Instagram

Aplikasi ini juga menawarkan beberapa filter dan lensa untuk video.

11. Aksesori

Di pasaran ada beberapa aksesori smartphone yang bisa menunjang kualitas merekam video seperti tripod hingga add-on lensa kreatif. Bahkan situs web bernama Photojojo menjual beragam aksesoris yang berbeda dengan berbagai harga berbeda.

Terakhir adalah pengeditan. Aplikasi seluler dapat menyederhanakan proses pengeditan video. Contohnya IMovie milik Apple untuk iPhone dan iPad mencakup judul dan transisi dan bahkan mendukung pembuatan trailer teatrikal saat dalam perjalanan. Aplikasi lainnya seperti Pinnacle Studio, Videon, Magisto dan Premiere juga direkomendasikan. [IF]

Source: Nokiafans.id

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Makin Populer, Layanan Streaming Kuasai Pendapatan Industri Musik

Telset.id, Jakarta - Selama bertahun-tahun, industri musik masyarakat telah berubah. Dulu, orang-orang mendengarkan musik di vinyl, kemudian pindah ke...

Olimpiade Tokyo 2020 Terancam Batal Gegara Virus Corona

Telset.id, Jakarta - Virus Corona tidak hanya memengaruhi bisnis dan perjalanan, tetapi juga memaksa perusahaan untuk membatalkan berbagai acara....

Challenge #PakePerasaan Viral di TikTok, Seperti Apa?

Telset.id, Jakarta - Ada beragam cara untuk mengungkapkan isi hati ke orang-orang yang kita sayangi. Salah satunya melalui media sosial,...

5 Aksesoris Kamera Smartphone Terbaik, Dijamin Foto Makin Ciamik!

Telset.id - Kualitas kamera sudah menjadi salah satu perhatian utama para produsen smartphone masa kini. Makin canggihnya kualitas kamera...

Kominfo Pantau Hoaks RUU Cipta Kerja di Media Sosial

Telset.id, Jakarta - Menkominfo Johnny G. Plate mengaatakan pihaknya akan memantau isu-su terkait RUU Cipta Kerja di media sosial...
- Advertisement -