Mobil Tanpa Sopir ‘Waymo’ Selesai Diujicoba

Telset.id, Jakarta—Jalanan San Fransisco di Amerika Serikat tampaknya akan mulai padat dengan mobil tanpa awak. Setelah beberapa waktu lalu menghabiskan waktu perjalanan dari West Coast, Waymo akhirnya siap mengembalikan kendaraan pintar berteknologi tinggi ini ke tempat asalnya, San Fransisco.

Seperti dilaporkan oleh TechCrunch, mobil tanpa pengemudi, Waymo Chrysler Pacific, sempat terlihat melaju di sekitar Bay Area, dan pihak perusahaan juga telah mengonfirmasi telah membawa Waymo kembali ke tempat asalnya, setelah melakukan uji coba di salah satu kota paling ramah teknologi di AS, San Fransisco.

“San Fransisco adalah salah satu dari kota-kota pertama dimana kami melakukan uji coba swakemudi mobil, kembali ke tahun 2009 ketika kami membawanya dari Lombard Gate ke Golden Gate Bridge,” kata juru bicara Waymo kepada TechCrunch menyangkut uji coba terbarunya di California.

“Kini setelah kita memiliki armada mobil self-driving pertama di dunia yang berjalan di Arizona, jalanan berbukit dan berkabut di San Fransisco akan memberi kesempatan untuk Waymo berlatih di medan dan lingkungan yang berbeda.”

Sementara mobil self-driving di Arizona dioperasikan tanpa pengemudi manusia, proyek uji coba Waymo di San Fransisco tidak terlalu ambisius—mobil-mobil itu masih akan dikemudikan manusia untuk memastikan tidak ada yang salah.

Lagipula, di kota California, selalu ada ruang untuk error. Mengingat bukit-bukit yang terjalm lalu lintas padat, kehadiran pejalan kaki, pengendara motor dan sepeda, Waymo masih akan menghadapi beberapa faktor lainnya.

Seharusnya, selama perusahaannya dikenal, tidak akan terjadi apa-apa. Lagipula, perusahaan telah memamerkan satu dari rekor-rekor substansial ujicoba di trek kemudi mobil self-driving, setidaknya sudah sampai ke ujicoba—dan itu yang terpenting.

Mobil self-driving, Waymo telah terbukti mampu berjalan di 24 kota di seluruh Amerika Serikat, dan daya tandingnya ini ada karena alasan yang baik.

Demi meyakinkanbahwa mobil ini benar-benar aman tanpa kendali manusia, teknologi Waymo harus lulus uji coba di berbagai macam kondisi. November 2017 lalu, perusahaan produsen Waymo telah mencatat prestasi mengesankan dimana mobil swakemudi menempuh jarak 4 juta mil dan keliatannya angka ini akan terus bertambah. [WW/HBS]

 

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI