3 Jenis Layar Smartphone Paling Populer, Mana Terbaik?

Super AMOLED

Samsung Galaxy J7+ (Nur Chandra/Telset.id)

Super AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) sebenarnya merupakan sebuah teknologi layar yang memiliki dasar teknologi layar OLED. Keduanya memiliki karakteristik yang sama, yakni hemat daya, memiliki kontras yang baik, dan lainnya.

Namun, jenis layar yang dikembangkan khusus oleh Samsung ini memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan layar OLED. Salah satunya adalah memiliki refresh rate yang lebih tinggi, sehingga animasi di layar terlihat lebih mulus.

Selain itu, jika sebuah gambar memiliki warna tampilan hitam, maka warna hitam di smartphone yang memiliki layar Super AMOLED akan nampak lebih pekat. Hal ini membuat warna lain terlihat lebih menyolok.

Keunggulan lainnya adalah penggunaan daya dari layar ini sangat rendah. Terlebih lagi, pada saat pengguna memasang wallpaper yang didominasi warna hitam, maka daya tahan baterainya akan lebih awet dibandingkan dengan yang memasang wallpaper penuh warna.

Belum lagi, para pengguna smartphone berlayar Super AMOLED tidak perlu khawatir tidak bisa melihat layar saat berada di luar ruangan. Hal ini dikarenakan jenis layar ini memiliki kecerahan layar yang sangat baik, meski dilihat di bawah terik matahari.

Dari ketiga jenis layar di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa layar Super AMOLED merupakan jenis layar paling banyak memiliki keunggulan. Jenis layar ini memiliki hasil warna yang sangat detil, memiliki pencahayaan yang lebih baik, dan konsumsi daya yang sangat rendah.

Layar jenis Super AMOLED dapat kita lihat pada beberapa smartphone flagship buatan Samsung, seperti seri Galaxy S6, S7, dan S8, serta pada seri Galaxy Note 8.

Menariknya, Samsung kini sudah mulai menyematkan layar jenis Super AMOLED di smartphone mid-end, salah satunya adalah Samsung Galaxy J7+. Dengan begitu, pengguna kini bisa mendapatkan pengalaman layar premium, tapi dengan harga yang lebih terjangkau di Galaxy J7+. [NC/HBS]

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI