3 Jenis Layar Smartphone Paling Populer, Mana Terbaik?

Panel IPS-LCD

Review Xiaomi Mi A1
Foto: Muhammad Faisal/Telset.id

IPS-LCD merupakan singkatan dari In-Place Switching – Liquid-crystal Display. Panel ini merupakan salah satu panel yang paling populer dipakai beberapa vendor, baik di smartphone kelas low-end hingga mid-end.

Keunggulan utama dari jenis layar ini adalah penggunaan dayanya yang cukup irit. Selain itu, IPS juga menawarkan sudut pandang layar yang cukup baik jika dibandingkan dengan jenis layar pendahulunya.

Ditambah lagi, jenis layar IPS juga memiliki tingkat pencahayaan yang cukup baik. Terlebih lagi, saat di lingkungan cahaya yang cukup gelap, layar IPS akan memiliki pencahayaan cukup baik.

Selain itu, keunggulan lain yang ditawarkan oleh panel IPS adalah harganya yang lebih murah, karena sudah banyak produsen layar yang memproduksi jenis panel layar tersebut.

[Baca juga: Duh! Siri “Bikin Hoax” Sebut John Travolta Meninggal]

Namun kekurangan dari panel IPS adalah kurangnya daya penglihatan pengguna saat terpapar cahaya matahari secara langsung. Meski sudah diatur pencahayaan hingga maksimal terkadang layar masih sulit untuk dilihat.

Ada juga masalah pada emisi cahaya pada panel IPS. Hal ini dikarenakan jenis layar tersebut masih akan mengemulsi cahaya, walaupun gambar yang ditampilkan memiliki warna hitam pekat.

Untuk pemakaian, sebagian besar vendor smartphone di seluruh dunia masih menggunakan panel layar IPS LCD.

Selanjutnya: Panel OLED

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI