7 Langkah Jitu Bikin Jepretan Smartphone “Instagramable”

Telset.id, Jakarta – Media sosial tak ubahnya sebuah pagelaran seni digital. Para ‘Kids Zaman Now’ seolah berlomba memamerkan gambar digital yang bisa mengundang decak kagum. Entah sekadar untuk memperbanyak like atau memang untuk menyalurkan hobinya.

Tak heran jika banyak netizen yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk memiliki sebuah perangkat yang tidak hanya berkualitas tapi juga mudah digunakan untuk mendukung aktifitas media sosialnya. Dan yang paling kekinian, kamera smartphone lazim dijadikan pilihan untuk menjadi perangkat “penghasil seni digital” di media sosial.

Inilah mengapa vendor smartphone membanjiri pasar dengan ponsel yang mengunggulkan fungsi kamera. Ada yang menanamkan lensa ganda, kamera depan beresolusi tinggi hingga menambahkan fitur sekelas DSLR.

Sebut saja fitur penghasil gambar bokeh. Gambar dengan background blur dan titik fokus yang tajam pada objek ini kini bisa dengan mudah diambil melalui kamera smartphone. Tidak semua smartphone bisa, tapi paling tidak beberapa vendor sudah menanamkan fitur tersebut. Misalnya Samsung dengan seri Galaxy J7+ nya.

Well, lepas dari kemampuan yang dibawa masing-masing perangkat, menghasilkan gambar berkualitas juga memerlukan trik dan sedikit dasar dasar fotografi.

Nah, untuk Anda yang ingin menjadikan timeline sosial media Anda menjadi “Gallery Seni” pribadi, tim Telset.id punya 7 tips untuk menghasilkan gambar kekinian menggunakan smartphone. Check this out!

1. Cahaya Adalah Teman Terbaik

Pencahayaan
Pencahayaan

Tips pertama yang paling mendasar adalah terkait dengan pencahayaan. Semakin banyak cahaya yang menghampiri obyek yang kita akan abadikan menggunakan kamera smartphone, maka hasil gambar yang akan didapatkan pun semakin kece.

Selain itu, pelajari juga dari mana cahaya tersebut datang. Sebisa mungkin, jangan sampai kita menutupi cahaya yang akan mengenai objek yang akan kita ambil gambarnya. Jika kita menutupi cahaya yang datang, maka hasil foto yang kita dapatkan kurang sempurna.

Jangan lupa untuk menentukan kapan Anda akan mengambil gambar. Misal, jika Anda ingin mendapatkan hasil foto yang natural, maka pilihlah untuk mengambil gambar di pagi dan siang hari.

Namun, jika Anda ingin mendapatkan hasil foto yang memiliki rona warna lebih oranye, maka pilihlah mengambil gambar di sore hingga petang. Hal ini dikarenakan rona warna yang dikeluarkan oleh matahari berbeda antara satu waktu dengan waktu lainnya.

2. Jangan Gunakan Flash

Jangan Pakai Flash (telset.id | nur chandra)
Jangan Pakai Flash (telset.id | nur chandra)

Kesalahan lain yang sering dilakukan pada saat mengambil gambar adalah dengan menggunakan lampu flash saat ingin mengambil gambar di kondisi kurang cahaya. Padahal, dengan menggunakan lampu flash sebagai penambah cahaya malah dapat mengurangi tingkat artistik dari gambar yang akan dihasilkan.

Biasanya, penggunaan lampu tambahan akan diperlukan saat kita akan mengambil gambar di keadaan cahaya yang rendah. Tapi kenyataannya, kita hanya akan membawa lampu tambahan hanya saat akan mengambil gambar secara profesional bukan?

Nah, trik yang bisa Anda gunakan adalah dengan mencari sumber cahaya lain, misalnya dari senter power bank. Pasalnya, di hampir sebagian besar power bank memiliki lampu senter mini. Dan pastinya, Anda bakal selalu membawa power bank bukan?

Atau paling tidak, Anda bisa meminjam smartphone sahabat Anda dan mengaktifkan lampu senter. Dengan trik ini, hasil gambar yang akan didapatkan pun jauh lebih baik jika dibandingkan dengan menggunakan lampu flash.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

MediaTek Rilis MT3729, Prosesor yang Ideal untuk Data Center

Telset.id, Jakarta - MediaTek mengumumkan ketersediaan prosesor MT3729 untuk data center. Chipset ini dirancang kebutuhan transmisi data cepat, tetapi...

Black Shark 3S Telah Diperkenalkan, Ini Spesifikasi dan Harganya

Telset.id, Jakarta - Black Shark 3S telah resmi diperkenalkan dengan membawa sejumlah peningkatan spesifikasi dari seri Black Shark 3. Ponsel gaming...

Nonton Video Klip Musisi Favorit Kini Bisa di Facebook Watch

Telset.id, Jakarta – Anda bisa menonton video klip original dari musisi internasional di Facebook Watch. Selama ini, pengguna hanya...

Biar Cuan, Twitter Kasih Fitur Khusus untuk Pengguna Premium

Telset.id, Jakarta – Ke depannya, pengguna Twitter Premium bakal punya akses ke fitur khusus. Fitur tersebut merupakan keistimewaan yang didapatkan...

Pengguna Netflix Android Bisa Atur Kecepatan Film Hingga 1,5x

Telset.id, Jakarta – Aplikasi Netflix di Android kini mendukung fitur baru. Sekarang, pengguna Netflix Android bisa atur kecepatan playback...
- Advertisement -