Ternyata Facebook Dirancang Bikin Kecanduan

Telset.id, Jakarta – Suka tidak suka, pendapat yang mengatakan media sosial bisa bikin orang kecanduan adalah memang benar. Misalnya saja Facebook, saat kita mengaksesnya entah itu via aplikasi atau website, ada saja yang membuat kita semakin betah menggunakannya, dan pada akhirnya waktu habis terbuang hanya karena kecanduan Facebook.

Hal itupun diakui sendiri oleh mantan presiden Facebook, Sean Parker yang menjadi salah satu orang penting yang membawa Facebook bisa menjadi raksasa seperti sekarang. Menurutnya, Facebook memang sengaja diciptakan sebagai media sosial yang membuat penggunanya kecanduan untuk terus mengaksesnya.

“Dalam proses untuk membangun Facebook adalah tentang bagaimana kami bisa menarik waktu dan perhatian Anda sebanyak mungkin. Artinya, kami perlu memberikan Anda sedikit kesenangan, karena seseorang suka atau mengomentari postingan Anda,” kata Parker, seperti dikutip Telset.id dari BBC.

“Dan itu akan berkontribusi pada lebih banyak konten dan Anda mendapat lebih banyak like serta komentar,” lanjutnya.

“Kesenangan” yang diberikan Facebook pun berhasil menarik banyak orang yang dulu bahkan pernah menyatakan tidak akan menggunakan jejaring sosial media, khususnya Facebook. Berkat strategi itu juga kini Facebook berhasil menjadi platform sosial media terbesar dengan total pengguna sebanyak 2,07 miliar (berdasarkan perhitungan Statista).

“Ketika Facebook mulai berjalan, ada banyak orang mendatangi saya dan mereka berkata bukan seorang pengguna media sosial,” ucap Parker. “Namun saya berkata, ‘baiklah Anda akan menggunakannya’,” sambungnya.

Dijelaskan Parker, Facebook bisa dibilang menurunkan waktu produktivitas dengan cara yang aneh. Karena itu, dirinya pun juga bukan lagi seorang yang kecanduan media sosial meski dirinya masih memiliki akun Facebook. Ia merasa media sosial hanya membuang waktu, yang harusnya bisa dimanfaatkan dengan lebih baik.

“Hanya Tuhan yang tahu apa yang dilakukannya (Facebook) terhadap otak anak-anak kita. Saya menggunakan platform ini, tapi saya tidak akan membiarkan platform ini menggunakan saya,” tegas Parker. (FHP/HBS)

SourceBBC

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI