iPhone X Baru Dijual, Apple Sudah Untung Besar

Telset.id, Jakarta – Apple baru saja mengumumkan hasil pendapatan mereka di kuartal keempat (Q4) 2017. Laporan keuangan ini diumumkan bertepatan dengan penjualan perdana iPhone X di 55 negara. Apple bisa tersenyum lebar, karena pendapatan yang mereka keruk sudah melebihi dari ekspektasi yang diberikan para analis.

Dalam laporannya, perusahaan asal Cupertino ini menyebutkan bahwa mereka berhasil meraup pendapatan hingga USD 52,6 miliar atau sekitar Rp 713 triliun. Pendapatan ini meningkat dua digit dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun lalu. Lebih tepatnya, Apple berhasil meningkatkan pendapatan mereka sebesar 12 persen.

[Baca juga: Apple Bocorkan Data Wajah Pengguna iPhone X]

Mengutip dari laman Business Insider, iPhone masih menjadi penyumbang utama bagi pendapatan Apple di Q4 2017 ini. Penjualan iPhone menyumbang keuntungan hingga USD 46,7 miliar atau sekitar Rp 633,2 triliun.

Meski penjualan iPhone memberikan sumbangan terbesar bagi Apple, namun jika dilihat dari peningkatan pendapatan dari lini smartphone “hanya” meningkat 2 persen. Melambatnya penjualan iPhone ini diperkirakan karena banyak orang yang menunda untuk mengupgrade perangkatnya, karena menanti kehadiran iPhone X.

Setelah iPhone, penyumbang pendapatan terbesar berikutnya datang dari penjualan iPad, yang menyumbang pendapatan sebesar USD 10,3 miliar atau sekitar Rp 139,6. Kebalikan dari iPhone yang mencatat kenaikan pendapatan yang kecil, dari lini iPad ini justru terjadi peningkatan yang tinggi.

Apple menyebutkan peningkatan pendapatan dari lini iPad mencapai 11 persen, jika dibandingkan dengan kuartal yang sama pada tahun lalu. Itu artinya, iPad menjadi produk Apple paling laku di Q4 2017.

[Baca juga: Xiaomi Sukses Pasarkan 10 Juta Unit Smartphone Selama 1 Bulan]

Sementara penjualan lini laptop Mac menyumbang pendapatan sebesar USD 5,3 miliar atau sekitar Rp 71,8 miliar. Untuk peningkatan penjualan jika dibandingkan dengan kuartal yang sama pada tahun lalu, lini Mac berhasil meningkat sebesar 10 persen.

Namun perlu diingat, pendapatan Apple dapat dipastikan akan kembali melonjak di kuartal awal 2018, karena hadirnya iPhone X. Apa lagi peluncuran iPhone X berdekatan dengan libur Natal, yang biasanya menjadi “masa panen” bagi Apple. [NC/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI