Oppo Patenkan Desain Ponsel Lipat, Seperti Apa?

Smartphone Foldable

Telset.id, Jakarta – Setelah desain bezel-less yang sedang menjadi tren di tahun ini, desain smartphone selanjutnya yang mungkin akan diaplikasikan oleh para pabrikan ponsel di masa depan adalah desain foldable atau smartphone yang bisa dilipat.

Tapi bukanlah seperti ponsel lipat seperti ZTE Axon M yang dibantu dengan engsel, melainkan desain foldable dengan layar fleksibel yang bisa ditekuk. Seperti contohnya konsep Samsung Galaxy X, yang kemungkinan akan diperkenalkan pada 2018 mendatang.

[Baca juga: Huawei ‘Latah’ Ingin Bikin Ponsel Lipat]

Selain Samsung, berbagai merek lainnya pun sedang mempersiapkan konsep desain smartphone foldable ala mereka. Salah satunya adalah Oppo yang dikabarkan tengah bersiap untuk membuat ponsel lipatnya.

Melansir dari Phandroid, Oppo dikabarkan tengah mengajukan paten yang menunjukkan desain smartphone dengan layar yang bisa ditekuk, seperti konsep smartphone foldable. Namun ada sedikit perbedaan, karena layar yang ditekuk hanyalah sebesar 25% sampai 35% dari layar secara keseluruhan.

Dengan adanya kamera depan di bagian atas, ada kemungkinan desain tersebut memungkinkan satu kamera yang bisa digunakan sebagai kamera depan atau kamera belakang, mirip seperti Oppo N1 yang punya satu kamera putar yang bisa jadi kamera depan atau kamera belakang.

[Baca juga: Tahun 2020 Apple Bikin iPhone Lipat]

Tapi karena layarnya bisa ditekuk, mungkin konsep desain Oppo ini akan sedikit mirip dengan desain dari Meizu Pro 7 yang punya layar tambahan di belakang layar, yang memudahkan pengguna untuk “selfie” memakai kamera belakang.

Cukup menarik memang jika melihat konsep desain dari paten yang diajukan Oppo ini. Namun perlu diingat, tak jarang perusahaan yang telah mematenkan idenya, malah tidak menggunakan paten tersebut pada produk yang mereka jual. Biasanya hal itu hanya untuk “melindungi” idenya agar tak digunakan oleh pesaingnya. (FHP/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here