Review Xiaomi Mi A1: Smooth, “Nyaris Tanpa Beban”

Desain

Foto: Muhammad Faisal/Telset.id

Jika Anda menginginkan Google Pixel ataupun iPhone 7 Plus, namun “kondisi kantong” tidak mendukung, maka Xiaomi Mi A1 mungkin bisa menjadi jawabannya. Mengapa? Ya, karena smartphone ini memiliki perpaduan desain dari kedua smartphone flagship tersebut.

Tengok saja di bagian depannya, Mi A1 memiliki tampang dan bentuk yang mirip seperti Google Pixel seri pertama. Yang paling kelihatan berbeda dari kedua smartphone ini adalah, pada bagian depan Mi A1 terdapat tiga tombol kapasitif, sedangkan pada Google Pixel tidak ada.

Sementara untuk desain belakangnya, desain Xiaomi Mi A1 cukup terlihat seperti desain belakang iPhone 7 Plus. Misalnya saja garis antenanya serta penempatan kamera yang sama-sama di pojok kiri atas body. Yang menjadi pembeda adalah adanya sensor fingerprint di bagian tengah body.

Meski terlihat mirip, namun menurut kami yang dilakukan Xiaomi adalah wajar-wajar saja sebagai bagian dari strategi marketing mereka. Maksudnya, Xiaomi ingin membuat tampilan Mi A1 hampir mirip dengan desain smartphone flagship yang laris di pasaran.

Dengan begitu, Xiaomi ingin membidik konsumen yang memiliki “kantong kurang tebal” yang selama ini sangat menginginkan membeli smartphone flagship seperti Google Pixel ataupun iPhone 7 Plus.

Strategi ini sebenarnya juga banyak dijalankan para vendor asal China lainnya, yang membuat perangkat mirip seperti smartphone kelas atas, tapi dijual dengan harga terjangkau. Sebut saja seperti Oppo dan Vivo yang juga membuat smartphone mirip seperti iPhone atau seri Galaxy dari Samsung.

Terlepas dari hal tersebut, build quality dari desain Mi A1 patut untuk diacungi jempol. Ada beberapa alasan kenapa kami memberikan penilain itu. Pertama, karena penggunaan bahan dasar metal dengan desain unibody yang cukup membuatnya terlihat premium. Kedua, Mi A1 bisa dibilang ramping atau tipis, yang tentu meningkatkan kenyamanan saat menggenggam perangkat ini.

Di bagian atas Mi A1, Xiaomi masih mempertahankan kehadiran IR Blaster yang memungkinkan smartphone ini menjadi remote dari berbagai perangkat elektronik seperti TV, AC, dan lainnya.

Sedangkan di bagian bawah, jika Anda familiar dengan desain bagian bawah iPhone 6, maka itulah desain bagian bawah Mi A1. Seperti adanya jack audio 3,5mm di sebelah kiri, kemudian port USB-C di bagian tengah, dan lubang speaker yang ditempatkan di sisi kanannya.

Sementara itu di sisi kiri, terdapat slot SIM hybrid yang memungkinkan penggunanya untuk memilih konfigurasi SIM 1 + SIM 2 atau SIM 1 + microSD. Sedangkan di sisi kanan hanya terdapat tombol Volume dan juga tombol Power saja.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

HARGA DAN SPESIFIKASI
REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI