Pengguna Smartphone ‘Melototin’ Layar 5 Jam Sehari

Telset.id, Jakarta – Awalnya, smartphone diciptakan untuk mempermudah komunikasi antar manusia. Tapi kini, smartphone justru telah membuat banyak orang jadi terlihat ‘menyedihkan’.

Di satu sisi tujuan tersebut memang berhasil tercapai. Sekarang orang dengan mudahnya dapat menghubungi teman dan keluarga yang jauh dengan hanya lewat SMS, telepon, WhatsApp, Facebook, bahkan video call.

Namun di sisi lain, orang kini menjadi tak bisa lepas dari barang berbentuk persegi empat itu. Bahkan ada ungkapan sinis yang mengatakan smartphone sudah seperti istri/suami, karena dimanapun berada, orang selalu “bersama” smartphone-nya.

[Baca juga: Orang Tua Perlu Waspadai Kecanduan Online pada Anak]

Nah, fenomena pentingnya smartphone dalam kehidupan manusia saat ini pun diteliti oleh perusahaan analisis bernama Counterpoint. Dalam penelitiannya, Counterpoint ingin tahu sejauh mana manusia berinteraksi dengan smartphone. Hasilnya?

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Counterpoint, terungkap jika lebih dari 50% pengguna smartphone menghabiskan lebih dari 5 jam menatap layar smartphone. Bahkan, 26% diantaranya menghabiskan waktu lebih dari 7 jam untuk menggunakan smartphone.

Counterpoint juga menemukan fakta jika pengguna smartphone di negara berkembang lebih banyak menghabiskan waktunya dengan perangkat ponsel pintarnya dibandingkan pengguna di negara-negara maju.

Misalnya saja orang Malaysia (dan juga Indonesia) yang 55% penggunanya habiskan lebih dari 5 jam dalam sehari, sementara di Jepang, 43% penggunanya hanya menghabiskan waktu 3 jam per hari untuk menggunakan smartphone.

Lantas kegiatan apa yang dilakukan oleh para pengguna smartphone, sehingga mereka “rela” menghabiskan waktu berjam-jam untuk menatap smartphone mereka?

Ternyata, browsing di dunia internet merupakan kegiatan yang paling banyak dilakukan dengan persentase sebesar 64%. Diikuti oleh game sebesar 62%, telepon 55% dan messaging (WhatsApp, Facebook Messenger, SMS, dan lainnya) sebesar 54%.

[Baca juga: Duh! Gamer Ini Jadi Buta karena Kecanduan Game]

Well, bagaimana dengan Anda? Apakah Anda termasuk orang-orang yang menghabiskan waktu lebih dari 5 jam untuk menatap layar smartphone? (FHP/HBS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI