iPhone 8 dan iPhone X akan Masuk Indonesia, Tapi…

Telset.id, Jakarta -Apple akan mulai melepas iPhone 8 dan iPhone 8 Plus ke pasar global pada 22 September, sedangkan iPhone X akan menyusul pada 27 Oktober mendatang. Sayangnya, Indonesia tidak masuk dalam daftar negara-negara yang akan disambangi iPhone 8 dan iPhone X. Lantas, apakah smartphone itu tidak akan masuk ke Indonesia?

Director of Marketing and Communication Erajaya Group, Djatmiko Wardoyo mengungkapkan bahwa iPhone 8 dan 8 Plus serta iPhone X kemungkinan besar akan masuk ke Indonesia. Namun, menurutnya, Apple harus menuruti peraturan TKDN untuk menjual perangkat 4G di Indonesia.

[Baca juga: Phone X vs Samsung Galaxy S8, Pilih Mana?]

“Di Indonesia kan ada peraturan TKDN yang harus diikuti oleh para vendor,” ujar pria yang akrab disapa Koko itu, saat ditemui selepas acara ‘Obrolan Telko’ bersama Telset.id di Plaza FX Sudirman, Jakarta, Kamis (14/9/2017).

Namun saat ditanya mengenai kapan iPhone 8 dan iPhone X akan masuk ke Indonesia, dia masih enggan memberi tahu jadwal pasti kapan kedua perangkat itu akan hadir di Tanah Air.

“Mereka (Apple) kan punya list negara-negara yang mau masuk. Jadi tergantung kecepatan mereka dalam memproses kedatangan iPhone X ke Indonesia,” jelasnya.

[Baca juga: Animoji, Emoji ala Animasi CGI di iPhone X]

Selain itu, saat disinggung terkait harga iPhone lawas yang ada di Indonesia akan turun atau tidak, dia masih enggan memberikan keterangannya. Padahal, di negara asalnya, perusahaan asal Cupertino tersebut telah memangkas harga iPhone lawas seperti iPhone 6s, 6s Plus, iPhone 7, 7 Plus, dan lainnya.

“Kemungkinannya belum bisa (diturunkan harganya),” pungkasnya.

Seperti diketahui, Apple telah mengkonfirmasi akan memangkas harga iPhone seri lama pada saat peluncuran iPhone X beberapa hari lalu. Untuk seri iPhone 7, iPhone 6s, dan iPhone SE, masing-masing mendapatkan potongan harga USD 100 atau sekitar Rp 1,3 juta.

[Baca juga: Sah! Apple Pangkas Harga iPhone Lawas]

Itu artinya, Apple akan menjual iPhone 7 mulai dari harga USD 549 atau sekitar Ro 7,2 juta. Sedangkan untuk iPhone 6s dan iPhone SE akan dijual masing-masing seharga USD 449 (Rp 5,9 juta) dan USD 349 (Rp 4,6 juta).

Sedangkan untuk iPhone 8, perangkat tersebut akan bisa di pre-order mulai 15 September dengan harga mulai dari USD 699 atau sekitar Rp 9,2 juta, dan akan mulai dijual pada 22 September mendatang.

[Baca juga: Harga dan Spesifikasi iPhone X iPhone 8 iPhone 8 Plus]

Sementara untuk iPhone X akan mulai pre-order pada 27 Oktober dengan harga dimulai dari USD 999 atau sekitar Rp 13 jutaan, dan akan mulai mengirimkan iPhone X secara global pada 3 November. [NC/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI