4 Trik Simpel Hemat Paket Data di Perangkat Android

Telset.id, Jakarta – Tak dapat dipungkiri lagi di zaman yang serba terkoneksi dengan internet ini, segala hal dapat dilakukan melalui smartphone Namun sayang, dikarenakan intensitas penggunaan internet yang tinggi, tak jarang pengguna ponsel mengeluh selalu kehabisan paket data.

Ujungnya, para pengguna smartphone memilih paket data yang besar dan mengakibatkan bengkaknya tagihan pulsa. Tapi, jangan khawatir karena tim Telset.id punya tips untuk menghemat penggunaan paket data, terutama di perangkat ponsel pintar Android.

Penasaran bukan bagaimana caranya? Jika penasaran, silahkan simak tipsnya yang telah kami rangkum dari berbagai sumber berikut ini!.

1. Manfaatkan Fitur Data Saver di Chrome

Hal pertama yang bisa dilakukan oleh Anda untuk menghemat penggunaan data adalah dengan memanfaatkan fitur Data Saver di peramban Chrome Anda. Begitu fitur ini aktif, maka secara otomatis Chrome akan memperkecil ukuran gambar yang muncul di sebuah situs.

[Baca juga: Sekarang WhatsApp Video Bisa Sambil Main Game]

Cara mengaktifkannya adalah pertama-tama masuk ke Chrome. Lalu ketuk ikon tiga titik di sebelah kanan. Setelah muncul menu baru, pilih Setting.

 

Setelah itu, antarmuka Setting akan terbuka. Usap layar ke atas hingga pengaturan Data Saver terlihat. Klik menu tersebut.

Kemudian, di pojok kanan atas, akan terlihat pengaturan dari fitur terebut dan pilih aktifkan.

2. Perhatikan Apliaksi yang Menyedot Data

Hal yang kedua yang perlu diperhatikan adalah aplikasi yang terdapat di ponsel pintar Anda. Kami menyarankan untuk menghapus pemasangan dari aplikasi Facebook, karena menurut beberapa penelitian, aplikasi ini menyedot banyak data.

Selain itu, Anda juga menghemat pemakaian data di beberapa aplikasi. Misalnya saja, di Innstagram terdapat sebuah fitur yang dapat menghemat penggunaan data saat menggunakan aplikasi tersebut.

[Baca juga: Tips Cara Bikin Instagram ‘Irit’ Data]

3. Kendalikan Sinkronisasi

Di perangkat Android, setiap perangkat yang terhubung ke sebuah akun akan melakukan sinkronisasi secara otomatis. Misalnya saja, Anda terhubung dengan ponsel lain atau perangkat wearable dan launnya. Maka secara konstan, Google akan melakukan sinkronisasi data.

Untuk menghentikan sinkronisasi secara otomatis ini, Anda perlu masuk ke Setting. Lalu usap layar kebawah hingga menemukan pilihan Account.

Setelah itu, pilih akun Google yang terhubung dengan ponsel Anda.

Setelah masuk, Anda bisa mulai mengatur pilihan apa saja yang ingin Anda sinkronisasikan dengan perangkat Anda.

[Baca juga: Xiaomi Mi Mix 2 Resmi Diperkenalkan, Lebih Kecil Tapi Powerful]

4. Turunkan Kualitas Streaming Video atau Audio

Layanan streaming video dan audio seperti YouTube, Iflix, Spotify, dan lain sangat populer di kalangan remaja. Maka tak heran, jika paket data yang ada di perangkat cepat habis dikarenakan kita sering melakukan streaming video atau audio.

Salah satu caranya adalah dengan menurunkan kualitas streaming di masing-masing aplikasi. Untuk video, streaming di pengaturan video 340p sudah cukup bagus di perangkat ponsel pintar. Sedangkan untuk audio, pengaturan medium sudah lebih dari cukup.

Alternatif lain adalah dengan menyimpan file video dan audio secara offline. Namun kekurangannya adalah dengan melakukan hal ini, maka memori penyimpanan Anda akan terpakai cukup banyak. [NC/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI