Jelang Peluncuran iPhone 8, Apple Disalip Huawei

Telset.id, Jakarta – Apple selama beberapa tahun menempati posisi kedua sebagai pabrikan smartphone terbesar di dunia, dibawah Samsung. Namun ada satu nama yang terus selama ini membuntuti Apple secara ketat, yakni Huawei. Pabrikan asal China ini bahkan kini disebutkan telah berhasil menyalip Apple.

Tentu ini kabar yang kurang mengenakan bagi Apple, karena mareka harus rela tergusur dari posisi kedua seminggu menjelang peluncuran iPhone 8. Ya, Huawei untuk pertama kalinya berhasil merebut posisi kedua dari Apple pada periode Juni dan Juli.

[Baca juga: Ini Negara Asia dengan Serangan Malware Tertinggi, Indonesia?]

Menurut firma riset dunia, Counterpoint Research, Huawei berhasil menyusul Apple dengan perbedaan yang sangat tipis. Keduanya berhasil mengamankan 12 persen pangsa pasar ponsel pintar dunia dengan selisih satu per seratus persen.

Sementara itu, di bulan yang sama, Samsung masih kokoh berada di peringkat pertama. Perusahaan asal Korea selatan tersebut berhasil meraih pangsa pasar sebesar 20 persen.

Meskipun secara keseluruhan Huawei berhasil menyalip Apple dan menduduki posisi kedua, namun tidak ada satupun ponsel mereka yang masuk ke daftar 10 ponsel dengan penjualan terbaik.

Menurut analis Counterpoint, Pavel Naiya, bahwa hal ini dikarenakan Huawei memiliki terlalu banyak tipe produk yang mereka luncurkan ke pasaran. Harusnya, Huawei lebih baik merampingkan lini produknya.

[Baca Juga : Rilis iPhone 8, Akankah Apple Pangkas Harga iPhone 7?]

“Huawei agaknya perlu lebih merampingkan lini produknya seperti yang dilakukan oleh Oppo dan Xiaomi, sehingga fokus ke sedikit produk saja,” ujar Naiya, seperti dikutip dari laman Android Authority.

Saat ini, duo iPhone 7 besutan Apple berhasil merajai daftar 10 ponsel dengan penjualan terbanyak pada Juli lalu. Lalu disusul oleh Oppo R11, Oppo A57, dan Samsung Galaxy S8. [NC/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

HARGA DAN SPESIFIKASI
REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI