Ketika Truk Uber Melaju Sendiri Tanpa Sopir [Video]

Telset.id, Jakarta – Tak lama lagi, kendaraan autonomous atau mobil tanpa sopir nampaknya akan semakin banyak lalu-lalang di jalanan berbagai negara di seluruh dunia. Nantinya, mobil otonom bisa digunakan untuk berbegai keperluan, misalnya untuk transportasi umum seperti taksi dan bus, atau pengiriman barang.

Beberapa perusahaan yang mengembangkan mobil otonom telah mulai melakukan ujicoba, salah satunya adalah Uber. Perusahaan layanan transportasi online ini baru saja merilis video yang memperlihatkan truk pengantar otonom yang sedang “drive test” di jalanan umum di San Francisco, Amerika Serikat.

[Baca juga: Wow! Di Negara Ini, Truk Sampah Sudah Autonomous]

Terlihat truk Uber yang dapat berjalan sendiri itu ditanamkan sensor laser LIDAR 64-channel di bagian atapnya yang berfungsi sebagai pengumpul data bagi Uber. Dengan alat itu, sistem yang ditanamkan pada self-driving truck Uber itu bisa membuat keputusan yang lebih baik ketika sedang beroperasi di jalanan.

“Itu benar-benar meningkatkan kualitas data truk yang diambil. Jadi sangat membantu sistem perangkat lunak membuat keputusan yang lebih baik tentang apa yang ada di sekitarnya,” jelas Product Lead Trucking Division Uber, Alden Woodrow, seperti dikutip dari The Verge, Kamis (06/07/2017).

[Baca juga: Setelah Autonomous Car, Kini Muncul Kereta Driveless]

Meski mobil ini bisa beroperasi sendiri, namun tetap saja tampak ada orang di dalam truk tersebut untuk mengawasi pergerakkan truk. Namun perlu diapresiasi langkah yang diambil Uber karena truk canggih itu mampu melintasi lalu lintas yang cukup padat di San Francisco. (FHP/HBS)

SourceThe Verge

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI