Ini “Jurus” Terbaru Facebook Melawan Hoax

Telset.id, Jakarta – Facebook tengah mati-matian memberantas hoax atau berita palsu di platform mereka. Namun sayang, selama ini cara yang dipakai masih kurang efektif. Tapi rupanya Mark Zuckerberg dkk tidak patah semangat, karena terus mencari solusi. Hasilnya, Facebook menemukan “jurus” terbaru melawan hoax.

Menutut Vice President Facecbook Adam Mosseri, hasil penelitian internal Facebook menunjukkan bahwa ada pola tertentu yang sering dipakai oleh pengguna mereka. Pola yang dimaksud adalah, jika sebuah akun memposting lebih dari 50 unggahan per hari, maka akun tersebut dianggap mengunggah konten kurang berkualitas.

Sementara jika dilihat dari tipe beritanya, para penunggah ini kebanyakan menyebar berita clickbait, informasi menyesatkan, dan sensasional. Nah, melihat pola tersebut, jejaring sosial paling populer ini pun membuat sebuah logaritma khusus.

Dengan demikian, seperti dilaporkan Ubergizmo, para akun yang terlalu banyak mengirimkan link, maka Facebook akan mulai memblokir postingan mereka hingga tidak muncul di news feed.

Namun pihak Facebook mengatakan bahwa metode ini hanya akan berlaku bagi pengguna individu dan bukan para moderator di fitur Pages. Yah, semoga saja dengan diberlakukannya metode baru ini, penyebaran hoax di Facebook akan berkurang drastis. [NC/MS/HBS]

SourceUbergizmo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI