Tahun 2030, Ngecas Ponsel Cukup 3 Kali Setahun

Telset.id, Jakarta – Saat ini baterai masih menjadi “momok” bagi semua perangkat elektronik karena memiliki keterbatasan waktu. Masalah itu juga dialami para pengguna ponsel yang harus sering mengisi ulang baterai. Tapi tahukah Anda, beberapa tahun kedepan baterai ponsel akan memiliki kemampuan menyimpan daya yang sangat lama.

Hal itu bisa terjadi karena para peneliti dari Universitas Michigan dan Cornell telah menemukan material baru untuk baterai. Disebut sebagai material magneto electric multiferroic, para peneliti mengklaim bahwa material ini menggunakan energi 100 kali lipat lebih hemat.

Komponen yang berbentuk polar film tipis ini memungkinkan perangkat elektonik untuk beroperasi pada lonjakan energi, bukan menggunakan arus konstan yang selama ini dipakai. Dengan teknologi tersebut, maka energi yang dibutuhkan untuk mengoperasikan perangkat elektronik akan sangat efisien.

Kelebihan lain dari material ini adalah dapat mengisi daya dengan sangat cepat. Bahkan, kecepatan pengisian baterai dengan material tersebut hanya dapat terisi dalam hitungan menit saja.

Para peneliti mengungkapkan, dalam sebuah tes yang dilakukan pada iPhone, perangkat tersebut dapat bertahan hingga tiga bulan dalam keadaan baterai penuh. Ini berarti para pengguna hanya perlu mengisi baterai ponsel mereka tiga kali dalam setahun.

Namun sayang, seperti dilaporkan The Independent, material baru ini masih dalam tahap pengembangan. Para peneliti mengatakan bahwa teknologi ini kemungkinan baru mulai akan direalisasikan pada 2030 mendatang. [NC/MS/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0