1,5 Juta Pelanggan XL Sudah Tinggalkan Jabodetabek

Telset.id, Jakarta – Hingga tiga hari menjelang Lebaran, mulai terlihat adanya perpindahan aktifitas komunikasi pelanggan XL Axiata dari wilayah Jabotabek ke berbagai lokasi di Jawa Barat, Jawa Tengah & DIY serta Jawa Timur. Alhasil, jaringan XL di wilayah Jabodetabek pun menjadi jauh berkurang.

Menurut Direktur/Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya, pelanggan XL yang berpindah dari wilayah Jabotabek sudah mencapai sekitar 1,5 juta  pelanggan.

“Dampaknya jumlah pelanggan XL yang melakukan aktifitas komunikasi di Jawa Barat  meningkat sebesar 12,5%, Jawa Tengah & DIY 16%, dan Jawa Timur 13%,” jelas Yessie, dalam keterangannya, Sabtu (24/6/2017).

Peningkatan ini diperkirakan akan terus terjadi hingga periode tiga hari setelah Lebaran. Selama periode mudik dan Lebaran, trafik layanan XL diperkirakan akan mengalami kenaikan antara 20% hingga 30% untuk penggunaan layanan Data, serta 5% untuk layanan SMS dan percakapan.

Menghadapi lonjakan tersebut, menurut Yessie, tiga hari menjelang perayaan Lebaran, pihaknya terus memastikan kesiapan jaringannya dalam upaya memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang melakukan aktifitas mudik.

“Saat ini kami terus all out menyiapkan kesiapan jaringan kami. Ini merupakan rangkaian komitmen kami untuk menjaga kenyamanan berkomunikasi pelanggan selama periode Ramadan dan Lebaran,” katanya.

Ia menuturkan, banyak upaya yang telah dilakukan XL, diantaranya meningkatkan kapasitas jaringan, optimisasi, rebalancing, drive test di berbagai lokasi, serta penempatan berbagai perangkat pendukung seperti mobile BTS di berbagai lokasi yang menjadi sentra aktifitas mudik dan pusat-pusat keramaian.

“Kami meningkatkan kapasitas jaringan sebesar 2-3 kali lipat di beberapa lokasi mudik dibanding hari-hari biasa. Dengan penambahan kapasitas tersebut, kami optimis akan mampu mengatasi terjadinya lonjakan trafik yang signifikan,” pungkas Yessie.

Lebih jauh ia menjelaskan bahwa XL secara khusus memanfaatkan teknologi MME dan MSS in Pool di jaringan core, yang akan memudahkan pengalihan kapasitas dari area yang kelebihan kapasitas ke area yang memerlukan tambahan kapasitas.

XL juga terus gencar memperluas jaringan 4G LTE hingga menjelang Lebaran di berbagai lokasi termasuk di area-area yang menjadi jalur mudik dan tujuan mudik masyarakat.

“Bagi pelanggan yang mudik terutama ke berbagai daerah di Pulau Jawa, sudah hampir di semua kota/kabupaten tercover layanan 4G XL,” ujarnya.

Hingga saat ini layanan 4G XL telah dinikmati oleh lebih dari 15 juta pelanggan di 288 kota/kabupaten di berbagai wilayah Indonesi, dengan dukungan lebih dari 13.000 BTS 4G. [HBS]

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

3Doodler Ciptakan Printer 3D Khusus Anak-anak Playgroup

Telset.id, Jakarta - Printer 3D selalu dianggap sebagai hobi orang-orang dewasa. Namun, perusahaan bernama 3Doodler baru-baru ini mengumumkan peluncuran...

Cantik Banget! Begini Tampilan Galaxy Buds+ Warna Merah

Telset.id, Jakarta - Ketika pertama kali memboyong Galaxy Buds+, Samsung cuma menghadirkan tiga opsi warna saja, yakni putih, biru, dan...

Asyik! Galaxy S20 dan ROG Phone 2 Bisa Mainkan Game Google Stadia

Telset.id, Jakarta - Saat pertama kali diluncurkan ke hadapan publik, Google Stadia hanya bisa dimainkan terbatas di perangkat smartphone...

Yeayy! Pengguna Bisa “Cicip” Game Android Sebelum Download

Telset.id, Jakarta - Google ingin meningkatkan ekosistem game di Android agar semakin ramah bagi para gamers. Raksasa pencarian ini menghadirkan fitur game...

Batal Meluncur di MWC, Ini Jadwal Peluncuran Oppo Find X2

Telset.id, Jakarta - Peluncuran Oppo Find X2 seharusnya digelar di Barcelona, Spanyol pada 22 Februari. Namun, karena wabah virus Corona...
- Advertisement -