Wow! Teknologi Hyperloop Elon Musk Sudah Diujicoba

Telset.id, Jakarta – Selain membangun perusahaan SpaceX dan juga Tesla Motors, sepertinya ide Elon Musk yang berkaitan dengan teknologi masa depan terus saja bermunculan. Yang terbaru adalah teknologi Hyperloop yang digadang-gadang akan menjadi transportasi supercepat yang tak hanya bisa menghubungkan antar kota saja, tapi juga antar negara.

Tak cuma sekedar gagasan belaka, namun sistem transportasi kereta masa depan tersebut ternyata punya fasilitas pengujian pertamanya di Eropa. Dilansir dari Mobipicker, fasilitas pengujian tersebut merupakan hasil dari tim pemenang dari kompetisi yang diselenggarakan oleh SpaceX untuk teknologi Hyperloop.

Pada fasilitas pengujian yang dikembangkan oleh tim pemenang dari Delft University of Technology dari Belanda itu, terdapat jalur uji sepanjang kurang lebih 30 meter yang akan menjadi tempat untuk menguji semua sistem Hyperloop dalam ruang hampa dengan kecepatan yang rendah.

[Baca juga: Tahun 2025 Elon Musk Ingin “Jajah” Mars]

Setelah pengujian pertama, nantinya pada 2019 mendatang akan dilaksanakan pengujian kedua. Pada pengujian ini, teknologi Hyperloop akan diuji dengan kecepatan yang tinggi. Setelah itu, maka teknologi Hyperloop akan secara resmi menghubungkan kota Paris dan Amsterdam.

[Baca juga: 10 Nama Paling Berpengaruh di Industri Teknologi Saat Ini]

“Kami ingin memastikan rute di antara dua kota itu nantinya aman,” kata Tim Houter, co-founder dari Hardt Global Mobility, perusahaan yang didirikan untuk mengkomersilkan teknologi dari Delft University of Technology.

Fasilitas ini sendiri merupakan langkah pertama dalam roadmap empat tahun untuk membangun sistem Hyperloop yang menghubungkan dua kota besar tersebut. Lantas berapa kecepatan yang akan dicapai oleh Hyperloop? Menurut Elon Musk, kecepatan maksimal akan menembus 1.220 km/jam. (FHP/HBS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI