LAPORAN LANGSUNG DARI TAIWAN

Ini Dia Laptop ROG Pertama dengan AMD Ryzen

Telset.id, Taipei – Laptop gaming dengan prosesor AMD Ryzen akhirnya menampakkan dirinya di ajang Computex 2017. Adalah ROG Strix GL702ZC, salah satu varian laptop gaming yang baru diluncurkan Asus yang menjadi laptop gaming Ryzen pertama dan juga merupakan laptop gaming pertama ROG yang menggunakan prosesor AMD.

Laptop ini memang sempat membuat para gamer penasaran, karena sebelum digelarnya ajang Computex 2017, Asus telah merilis sebuah teaser yang menyebut akan hadirnya laptop baru dengan prosesor AMD Ryzen.

[Baca juga: Ini Jajaran Laptop Asus ROG Terbaru]

Yang menarik, laptop ini tidak muncul saat Asus menggelar acara Asus ROG pada hari pertama Computex 2017. Ternyata, laptop tersebut baru diumumkan di acara AMD pada hari kedua event pameran komputer terbesar itu. Tim Telset.id sendiri akhirnya bisa melihat secara langsung wujud ROG Strix GL702ZC di booth Asus.

“Sejak pertama kali berdiri, ROG merupakan brand yang sudah sangat dekat dengan AMD. Bahkan salah satu produk pertama kami adalah motherboard AMD. Namun sempat menghilang, dan kini kami menghadirkannya kembali untuk Anda,” ujar Product Manager ASUS, Dereck Yu.

Prosesor Ryzen 7 sendiri merupakan prosesor andalan AMD saat ini, serta chip grafis Radeon RX 580 yang menjadi jajaran kartu grafis yang juga baru saja dirilis oleh AMD. Asus menyebutkan kombinasi prosesor Ryzen 7 dan chip grafis Radeon RX 580 diklaim akan mampu menghadirkan performa tinggi, bahkan bisa digunakan untuk bermain game VR.

Laptop gaming ini semakin menarik karena layarnya menggunakan teknologi FreeSyncm, yang membuat pengguna ROG Strix GL702ZC bisa menikmati game tanpa stuttering dan tearing. Kehadiran ROG Strix GL702ZC sendiri menjadi angin segar bagi bisnis laptop AMD.

[Baca juga: Gamers, Ini 4 Keunggulan Asus ROG Zephyrus]

Seperti diketahui, AMD sudah cukup lama terpuruk di bisnis laptop. Kehadiran Ryzen seperti menjadi suntikan tenaga baru bagi AMD untuk bisa kembali berbicara banyak di industri desktop maupun laptop. Ryzen memang akhirnya dapat menutup kelemahan prosesor AMD sebelumnya yang terkenal boros daya.

Foto: Bayu Sadewo/Telset.id

ROG Strix GL702ZC sendiri hadir dengan spesifikasi prosesor Ryzen 7 1700 dengan pengolah grafis Radeon RX 580 4 GB, dan RAM DDR4-2400 hingga 32 GB. Sementara untuk storage-nya, Asus ROG memberikan beberapa opsi SSD M.2, SSD SATA, SSHD, atau HDD dengan kapasitas hingga 1TB.

Beralih ke bagian layarnya, laptop ini memiiki layar berukuran 17.3 inci dengan resolusi maksimal 1920 x 1080 piksel dengan dukungan untuk AMD FreeSync. Laptop dengan sistem operasi Windows 10 ini memiliki bobot mencapai 3 kg. Untuk koneksinya, laptop ini dilengkapi dengan 1x Mini DP, 1x HDMI, 1x USB Type C, dan 3x USB 3.0/2.0.

[Baca juga: Asus ROG Zephyrus, Laptop Gaming Paling Tipis di Dunia]

Bagaimana dengan harganya? Jika melihat Ryzen dan Radeon RX 500 Series dibanderol dengan harga yang sangat kompetitif, kemungkinan laptop gaming ROG ini akan dilepas ke pasaran dengan harga yang lebih kompetitif juga dibanding laptop gaming lainnya. Sayangnya, pihak Asus masih bungkam soal harga dari ROG Strix GL702ZC. [HBS]

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Samsung Galaxy Book S (2020) Meluncur dengan Spesifikasi Lebih Powerful

Telset.id, Jakarta – Samsung Galaxy Book S edisi 2020 resmi dirilis dengan chipset Intel Lakefield SoC yang lebih bertenaga...

7 Tablet Terbaik Harga Rp 2 – 5 jutaan Tahun 2020

Telset.id - Bagi kalian yang sedang mencari tablet untuk kebutuhan sehari-hari, tablet Android biasanya memang menawarkan harga yang lebih...

Canon Webcam Tersedia di MacOS, Download di Sini!

Telset.id, Jakarta - Kecewa dengan kualitas kamera webcam yang kurang bagus? Apabila Anda memiliki kamera DSLR maupun kamera mirrorless Canon,...

Video Call dan Streaming Film Dongkrak Trafik Data Indosat

Telset.id, Jakarta - Perubahan perilaku masyarakat yang tidak bisa mudik, berdampak pada trafik komunikasi Indosat Ooredoo. Tercatat trafik Data...

Rekomendasi 10 Aplikasi Foto Bergerak Terbaik di Android

Telset.id - Kreativitas bisa dilakukan dari sebuah foto dengan bantuan sebuah aplikasi. Misalnya saja, membuat foto bergerak menggunakan aplikasi...
- Advertisement -