Dual Camera Huawei P9 vs Asus ZenFone Zoom S, Pilih Mana?

Telset.id, Jakarta – Tren penggunaan kamera ganda pada ponsel pintar semakin terlihat di seluruh dunia. Dalam beberapa bulan terakhir ini, semakin terlihat banyaknya vendor yang mengeluarkan kamera ganda dalam lini ponsel flagship mereka.

Sebut saja Apple, Huawei, ASUS, LG, dan vendor-vendor lainnya kini paling tidak memiliki satu ponsel dengan konfigurasi dual kamera. Namun dalam membekali ponsel mereka dengan konfigurasi dual kamera, mereka memiliki pendekatan yang berbeda-beda dan menghasilkan gambar yang berbeda pula.

Nah, kali ini tim Telset.id akan membandingkan dual kamera yang diusung Huawei P9 dengan Asus ZenFone Zoom S, yang memiliki pendekatan berbeda terhadap penggunaan konfigurasi dual kamera. Silahkan simak laporan kami berikut ini:

Huawei P9

Huawei dengan P9 mereka memilih untuk menggunakan pendekatan dual kamera dengan teknik penggabungan lensa RGB dan lensa Monochromatic. Yang lebih spesialnya lagi, Leica sebagai produsen kamera legendaris turut ikut dalam pengembangan ponsel tersebut.

Menutut data yang kami dapatkan, konfigurasi ini dipilih oleh pihak Huawei untuk mendapatkan detil gambar yang lelbih baik. Hal ini dikarenakan lensa Monochromatic memiliki karakteristik gambar detil tanpa terpengaruh dengan situasi cahaya apapun.

Nantinya, kedua lensa P9 akan mengambil gambar dalam waktu yang bersamaan. Setelah mengambil gambar, software bawaan Huawei akan menggabungkan kedua gambar tersebut untuk menghasilkan gambar yang lebih tajam.

Namun sayang, dengan konfigurasi ini pastinya ada hal yang dikorbankan. Hal ini dikarenakan Huawei tidak dapat menggunakan lensa yang lebih lebar untuk mendapatkan hasil gambar yang lebih luas.

Asus ZenFone Zoom S

Beralih ke ASUS, mereka lebih memilih konfigurasi lensa wide dan lensa Telephoto. Dengan konfigurasi ini, ASUS ingin mencapai hasil gambar yang maksimal untuk mengambil gambar dari jarak jauh sera mendapatkan jangkauan hasil gambar yang luas.

Kelebihan dari lensa Telephoto sendiri adalah menawarkan fitur zoom yang baik. Dalam hal ini, ASUS dapat mencapai pembesaran sebanyak 2 kali, dengan total zoom sebesar 12 kali.

Sedangkan di sisi lain, lensa wide dapat digunakan untuk mengambil gambar dalam keadaan lebar. Jadi, lebih banyak pemandangan yang bisa diambil dari lensa ini.

Secara singkat, dua lensa yang dimiliki oleh ZenFone Zoom S akan bekerja secara mandiri dengan menyesuaikan kebutuhan sang pengguna.

Jadi, pilih yang mana?

Kedua pendekatan ini memiliki kelebihan mereka masing-masing. Untuk konfigurasi lensa RGB dan lensa Monochromatic memiliki keunggulan detail yang lebih tinggi saat mengambil gambar dari jarak yang cukup dekat.

Sedangkan konfigurasi lensa wide dan Telephoto akan menghasilkan gambar yang lebih lebar dan mampu mengambil gambar dari jarak jauh seperti menggunakan kamera DSLR.

Lalu, harus pilih yang mana? Menurut kami, untuk Anda yang sedang mencari ponsel dengan dua kamera utama, pilihan kami kembalikan ke kebutuhan apa yang ingin Anda dapatkan.

Jika Anda ingin mendapatkan hasil gambar detil atau senang mengambil gambar dari jarak dekat, maka kami sarankan untuk memilih ponsel dengan konfigurasi kamera RGB dan Monochromatic.

Sebaliknya, jika Anda membutuhkan ponsel yang memiliki kemampuan zoom yang tinggi, maka kami sarankan untuk membeli ponsel dengan konfigurasi lensa wide dan lensa Telephoto.

Untuk lebih jelasnya, di bawah ini kami tampilkan hasil gambar yang diambil dari kedua ponsel tersebut:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Jokowi Kirim Draf RUU Perlindungan Data Pribadi ke DPR

Telset.id, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengirimkan draf Rancangan Undang-undang atau RUU Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP)...

Tips Lindungi Mata dengan Pasang Blue Light Filter di Android

Telset.id - Banyak dari Anda yang pastinya menghabiskan waktu berjam-jam menatap layar smartphone. Tapi, tahukah Anda bahwa layar smartphone...

5 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Instagram, Gratis!

Telset.id - Satu hal yang wajib dilakukan sebelum upload foto di Instagram adalah, edit foto terlebih dahulu. Di Instagram memang...

Apple iMac Mendatang Punya Desain Mirip “Selembar Kaca”

Telset.id, Jakarta - Apple mempertahankan desain iMac selama bertahun-tahun. Namun, pada masa mendatang, Apple tak ingin iMac terbaru tampil...

Film LGBTQ Lindungi Sumber Anonim dengan “Wajah Ganda”

Telset.id, Jakarta  - Film dokumenter 'Welcome to Chechnya' baru yang ditayangkan di Sundance Film Festival menampilkan sesuatu yang berbeda....
- Advertisement -