Perangi Hoax, Facebook Lancarkan “Operasi Informasi”

Telset.id, Jakarta – Usaha salah satu sosial media terbesar di dunia, Facebook untuk memerangi berita hoax terus dilaksanakan. Kali ini mereka menargetkan penertiban berita yang mengkampanyekan berita terkoordinasi yang bertujuan menggiring opini masyarakat dengan melancarkan operasi informasi. Apa maksudnya?

Melihat hal tersebut, seperti dilansir dari laman CNET, Facebook merasa bertanggung jawab untuk mengembalikan keamanan komunitas mereka. Oleh karena itu, mereka meluncurkan sebuah operasi yang diberi nama ‘operasi informasi’.

“Kami akan memperluas fokus keamanan kami dari serangan biasa, seperti malware, peretasan, spam dan penipuan, agar juga mengikutsertakan penyalahgunaan platform seperti usaha untuk memanipulasi masyarakat,” ujar pihak Facebook.

Kini pihak Facebook sendang mengawasi 3 komponen utama dalam kampanye operasi informasi. Ketiga komponen tersebut diantaranya pengumpulan data yang jelas, pembuatan konten dan manipulasi akun untuk memperkuat opini.

Lebih lanjut mereka menjelaskan, proses tersebut termasuk mencuri dan mengekspos informasi yang bersifat pribadi, menyebarkan berita, baik asli maupun palsu melalui akun palsu dan mengkoordinasi akun palsu untuk memanipulasi diskusi politik yang menyebabkan pendapat tertentu dapat diperkuat sementara pendapat lain diperlemah.

Selain itu pihak Facebook menyatakan, pembelajaran mesin ini membantu mereka untuk menemukan berita palsu dengan melihat pola penggunaan. Contohnya seperti pengunggahan konten yang sama lebih dari satu kali

Sosial media tersebut mengatakan, pembelajaran mesin membantu mereka menemukan dan menghapuskan lebih dari 30 ribu akun palsu di Prancis. [NC/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI